Polres Tanggamus Gelar Kesamaptaan Jasmani Personel

Polres Tanggamus Gelar Kesamaptaan Jasmani Personel

Polres Tanggamus menggelar tes kesamaptaan jasmani selama empat hari. FOTO HUMAS POLRES TANGGAMUS--

TANGGAMUS, RADARLAMPUNG.CO.ID - Polres Tanggamus menggelar tes kesamaptaan jasmani (Kesjas) kepada seluruh personel.

Kegiatan yang diikuti perwira, bintara maupun ASN ini berlangsung di lapangan komplek perkantoran Pemkab Tanggamus selama empat hari, sejak Rabu hingga Sabtu, 7-10 September 2022.

Kasi Humas Polres Tanggamus Iptu M. Yusuf melalui keterangan tertulisnya mengungkapkan, Kesjas dilaksanakan guna mengetahui kesehatan dan mengukur kondisi jasmani seluruh personel.

BACA JUGA: Kondisi Gunung Anak Krakatau : 4 Kali Alami Gempa pada Senin 12 September 2022

“Kesjas dilaksanakan untuk mengetahui tingkat perkembangan kondisi kesamaptaan jasmani seluruh pegawai negeri pada Polri,” kata Iptu M. Yusuf mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Satya Widhy Widharyadi.

Dilanjutkan, Kesjas dilaksanakan melalui ujian yang meliputi lari selama 12 menit dengan rangkaian item A.

Lalu ujian pull up, sit up, push up, serta ujian shuttle run yang merupakan rangkaian ujian B.

BACA JUGA: BBM Sempat Kosong Dua Pekan, Warga Lampung Barat Antre BBM Hingga Malam

Adapun komponen yang diukur dalam kesamaptaan jasmani yakni point a (lari selama 12 menit) adalah daya tahan otot (muscle endurance) dan cardio respriratory (meliputi daya tahan jantung, pernafasan dan peredaran darah).

Sedangkan dalam kesamaptaan jasmani point b yang diukur adalah kekuatan dan daya tahan lengan bagian dalam (untuk pull up/chinning).

Lalu kekuatan dan daya tahan serta fleksibilitas otot perut (untuk sit up), kekuatan dana daya tahan otot lengan bagian luar (untuk push up) serta kecepatan, kelincahan dan keseimbangan tubuh (untuk shuttle run).

BACA JUGA: Resmi, LTMPT Tidak Lagi Tangani Seleksi Mahasiswa Baru pada Tahun Depan

“Seluruh rangkaian kegiatan telah selesai. Personel sangat antusias mengikuti Kesjas dan seluruhnya dalam kondisi baik," jelasnya.

Atas kegiatan tersebut, Kasi Humas berharap melalui Kesjas berkala kesehatan jasmani masing-masing personel dapat terpantau dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: