Bupati Winarti Ajak UPZ Gugah Masyarakat Tunaikan Zakat

Bupati Winarti Ajak UPZ Gugah Masyarakat Tunaikan Zakat

Bupati Winarti memberikan sambutan saat pengukuhan unit pengumpulan zakat (UPZ). (Foto Dinas Kominfo Tulang Bawang)--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Bupati Tulang Bawang Winarti mengajak unit pengumpulan zakat (UPZ) setempat menggugah kesadaran masyarakat untuk menyalurkan zakat, infak, dan sedekah melalui Badan Amil zakat Nasional (Baznas). 

Hal itu disampaikan Winarti saat mengukuhkan unit pengumpulan zakat (UPZ) Kabupaten Tulang Bawang di Ruang Rapat Utama Kantor Bupati, Selasa 13 September 2022.

"Kita mulai dari menggugah kesadaran masyarakat dulu, bukan mengumpulkan. Kita kuatkan hati dan mental untuk bergerak bersama memberi kesadaran, bukan untuk memungut. Jika kesadaran sudah muncul, mereka sendiri yang akan berinisiatif," kata Winarti.

Mantan Ketua DPRD Tulang Bawang itu menjelaskan, sejauh ini sinergi pemerintah daerah dengan Baznas telah memperbaiki 47 unit rumah warga lewat program bedah rumah Baznas.

BACA JUGA:Dandim Tulang Bawang Tegaskan TNI Tetap Solid Meskipun Dunia Bergejolak

Winarti memastikan penyaluran bantuan melalui Baznas dilakukan tepat sasaran. Sehingga dapat mengurangi tingkat kesenjangan sosial di Kabupaten Tulang Bawang.

Sementara itu, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lampung Iskandar Zulkarnain turut mengajak masyarakat menyalurkan zakat, infak, dan sedekahnya melalui Baznas. 

Ia menegaskan, Baznas bukanlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan organisasi masyarakat lainnya. Baznas merupakan lembaga pemerintah non struktural. 

"Baznas merupakan lembaga resmi dari pemerintah untuk mengumpulkan dan menyalurkan zakat kepada masyarakat yang membutuhkan," katanya.

BACA JUGA:Tegang! Puluhan Mahasiswa Datangi Kantor DPRD Tulang Bawang, Saling Dorong dengan Polisi Hingga Bakar-bakar

Menurut dia, terdapat beberapa potensi zakat yang dapat ditarik dari masyarakat seperti zakat pertanian, peternakan, dan pertambangan. 

"Di sinilah potensi penghimpunan zakat, infak, dan sedekah dapat dioptimalkan sebagai solusi bagi masalah sosial ekonomi umat. Utamanya dalam mengurangi kemiskinan," ujarnya.

Dilanjutkannya, dalam waktu dekat Baznas akan membentuk tim tanggap darurat bencana di setiap daerah. Tim tersebut nantinya bertugas membantu ketika dilanda bencana daerah.

Ia menjelaskan, dana Baznas juga dapat digunakan untuk membantu masyarakat ketika tertimpa musibah. Lebih cepat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: