Singgung Berbagai Capaian Positif Ekonomi dan Kekayaan Budaya, Airlangga Sebut Indonesia Kian Diperhitungkan

Singgung Berbagai Capaian Positif Ekonomi dan Kekayaan Budaya, Airlangga Sebut Indonesia Kian Diperhitungkan

FOTO DOK. KEMENKO PEREKONOMIAN - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan keterangan pers ketika menghadiri dan menyampaikan sambutan mengenai 'Jati Diri Bangsa Indonesia dalam Peradaban Dunia' pada acara Srawungan Sanak Trah --

BACA JUGA:Lolos Menjadi Peserta Pemilu 2024, Partai Gelora Lampung Siap Menangkan Target Parliamentary Threshold

Selain menunjukkan jati diri bangsa Indonesia di kancah internasional melalui berbagai capaian ekonomi, Menko Airlangga juga menyebutkan bahwa kearifan lokal yang di miliki Indonesia turut mendorong eksistensi dan peningkatan ekonomi kerakyatan.

Untuk itu, Menko Airlangga berupaya untuk terus mendorong berbagai aktivitas kebudayaan dan adat istiadat yang mampu tingkatkan aktivitas ekonomi masyarakat.

Sektor kebudayaan juga menjadi salah satu instrumen yang dikembangkan Pemerintah untuk mendorong pariwisata di berbagai wilayah seperti halnya pada Kota Surakarta.

Melalui Presidensi G20, Pemerintah Pusat mengupayakan pelaksanaan berbagai event working group untuk diselenggarakan di Kota Surakarta sehingga mampu mendorong peningkatan kunjungan wisatawan pada sejumlah objek wisata seperti pada Kraton Mangkunegara.

BACA JUGA:Jusuf Kalla Dukung Capres 2024 untuk Kemakmuran Indonesia

Sebagai informasi, Srawungan Sanak Trah Mangkunegara I merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk menjalin kekeluargaan Trah Mangkunegara sebagai warisan leluhur nusantara.

Dalam konteks kontemporer, trah tidak hanya dimaknai sebagai silsilah untuk menentukan jati diri pemimpin melainkan pewarisan nilai budaya dan semangat perjuangan untuk menghadapi permasalahan yang terjadi saat ini.

Selain itu, Menko Airlangga menuturkan bahwa trah juga dipandang sebagai jalinan hubungan kekeluargaan yang memiliki keterkaitan erat dengan pemberian amanah dan nilai-nilai penting dari leluhur yang  harus dijalankan. Sehingga trah juga mampu menjadi fondasi awal dalam mengenal silsilah kekerabatan dan menentukan jati diri. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: