Ribuan Goweser Ramaikan Lampung Bersepeda ke-27 di Lampung Barat

Ribuan Goweser Ramaikan Lampung Bersepeda ke-27 di Lampung Barat

FOTO DOK. RADAR LAMBAR - Ribuan goweser dari 135 komunitas sepeda meramaikan acara Lampung Bersepeda ke-27 di Kabupaten Lampung Barat, Minggu 18 September 2022.--

LAMPUNG BARAT, RADARLAMPUNG.CO.ID - Ribuan goweser atau tercatat sekitar 1.327 peserta dari 135 komunitas sepeda se-Lampung, yang juga diikuti komunitas asal Sumatera Selatan (Sumsel) dan Bengkulu, meramaikan acara Lampung Bersepeda ke 27 di Kabupaten Lampung Barat, Minggu 18 September 2022.

Di Kabupaten Lampung Barat, event rutin gowes bareng komunitas sepeda se-Lampung yang dilaksanakan oleh komunitas Goweser Liwa atau Liwa Gowes Community (LGC) itu juga menjadi salah satu rangkaian dalam rangka menyambut HUT ke-31 Kabupaten Lampung Barat.

Sebelum tur dimulai, rombongan peserta lebih dulu melakukan senam sebagai gerakan pemanasan sebelum bersepeda. Guna menghindari cidera otot. 

Selanjutnya, dengan mengambil start dari Kawasan Sekuting Terpadu di Pekon Watas, Kecamatan Balikbukit, rombongan goweser dilepas oleh Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus bersama Wakil Bupati Mad Hasnurin serta dihadiri para unsur Forkopimda dan sejumlah kepala OPD.

BACA JUGA:Singgung Berbagai Capaian Positif Ekonomi dan Kekayaan Budaya, Airlangga Sebut Indonesia Kian Diperhitungkan

Para goweser menempuh jalur track sepanjang 21 Kilometer (Km). Mulai dari kawasan Sekuting Terpadu-Aspol- PLN Liwa-Seranggas-PMI Lampung Barat-Hotel Permata-Makam Pahlawan-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Alimuddin Umar-Kebun Raya Liwa-Hamtebiu-Taman Kota Liwa-Bundaran Pasar Liwa-Polres Lampung Barat-dan kembali finish di Kawasan Sekuting Terpadu. 

Di sepanjang perjalanan, para peserta melewati jalur aspal, rabat beton, hingga jalan setapak atau tanah. Para goweser disuguhkan berbagai destinasi wisata. Mulai dari wisata unggulan Kebun Raya Liwa (KRL), Taman Kota, hingga yang baru diresmikan yakni Masjid Al-Mansur.

Di kesempatan itu, Bupati Parosil Mabsus mengungkapkan rasa haru dan bangga atas kunjungan para goweser tersebut. Itu menjadi spirit bagi Kabupaten Lampung Barat untuk terus melakukan pembangunan. Khususnya di bidang wisata. 

"Terima kasih, selamat datang, dan selamat menikmati destinasi wisata yang ada di Lampung Barat kepada seluruh komunitas sepeda se-Lampung, serta dari Provinsi Sumsel dan Bengkulu. Alhamdulillah saat ini Lampung Barat sudah memasuki usia yang ke 31, mohon doanya agar semakin maju serta dapat menjadi kabupaten yang hebat dan sejahtera," ujarnya.

BACA JUGA:Respons Pernyataan Sekjen PDIP, Jubir PKS: Depok Lebih Berhasil Jika Dibandingkan Solo dan Jawa Tengah!

Pada kesempatan itu, Parosil Mabsus juga mengungkapkan rasa bangganya. Karena Lampung Barat memiliki destinasi wisata yang layak mendunia yakni Kawah Nirwana di wilayah Suoh. Sebab, di Indonesia hanya Lampung Barat yang memiliki objek wisata kawah nirwana.

"Jadi Lampung Barat ini pantas disebut surga tersembunyi," kata dia.

Selain itu, kunjungan ini dapat memacu semangat pembangunan  di Kabupaten Lampung Barat. Terutama di bidang pariwisata. "Karena acara seperti ini tentu tujuannya bukan hanya untuk berolahraga tetapi juga untuk kunjungan wisata. Sehingga perekonomian masyarakat Lampung Barat terbantu," imbuhnya.

Sementara, Koordinator Goweser Lampung yang akrab disapa Babe Rudi mengungkapkan bahwa event Lampung Bersepeda merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tiga bulan secara bergantian. Kali ini, Lampung Bersepeda ke-27 dilaksanakan bersamaan dengan HUT ke-31 Kabupaten Lampung Barat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: