Tim Pengabdian Unila Kembangkan Usaha Ternak Terintegrasi Bersama Wirausaha di Lampung Tengah

Tim Pengabdian Unila Kembangkan Usaha Ternak Terintegrasi Bersama Wirausaha di Lampung Tengah

Foto Tim Pengabdian Unila : Ketua Tim Pengabdian Unila,Diki Danar Tri Winanti berfoto bersama dengan Angota Tim dan Indra Sofwatama, Owner CV Raman Farm Sejahtera.--

LAMPUNG TENGAH, RADAR LAMPUNG.CO.ID – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Lampung melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Kemdikbud Tahun 2022 bekerjasama dengan mitra yaitu CV Raman Farm Sejahtera Lampung Tengah untuk mengembangkan usaha ternak terintegrasi. 

Tim yang diketuai oleh Diki Danar Tri Winanti dari Jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP), Fakultas Pertanian (FP), Universitas Lampung (Unila) ini menangkap kebutuhan mitra yang perlu mengolah minimal 30 liter susu per-hari hasil dari ternak sapi yang dimiliki oleh kelompok binaan CV Raman Farm Sejahtera.  

Ketua Tim Pengabdian Unila, Diki Danar Tri Winanti bersama anggota yaitu Maria Erna Kustyawati dari Jurusan THP FP Unila dan Hadi Prayitno dari Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Unila juga memberikan penyuluhan terkait cara produksi susu bubuk dan kefir serta pelatihan digital marketing sebagai sarana edukasi sekaligus promosi.

 

Dijelaskan Diki,  Core bisnis dari CV Raman Farm Sejahtera sendiri merupakan usaha pembuatan pakan ternak berupa konsentrat maupun silase dari limbah hasil pertanian. 

Produk pakan yang dihasilkan sudah dijual hingga ke luar provinsi dan luar pulau selain untuk mendukung ketersediaan pakan di wilayahnya. 

 

Raman Farm juga memfasilitasi kelompok ternak di sekitarnya untuk mengembangkan bisnis perawatan ternak yang dinamakan sebagai Hotel Ternak.

 

 Hasil dari ternak yang dirawat tersebut kemudian digunakan sebagai hewan pedaging atau diambil susunya untuk dijual ke pasar.

 

Oleh sebab itu,  Diki berharap melalui program Pengabdian unila ini akan terwujud target dari perusahaan CV Raman Farm Sejahtera terutama untuk memiliki sayap produksi hulu berupa pakan ternak hingga sayap produksi hilir berupa produk turunan hasil peternakan.

 

 "Dengan meluasnya sayap usaha dari mitra tentunya dapat membuka lapangan pekerjaan baru dan meningkatkan kesejahteraan warga maupun kelompok ternak binaan CV Raman Farm Sejahtera, "tambahnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: