Soal Pelantikan Dekan FKIP Universitas Lampung, Ini Kata Plt. Rektor

Soal Pelantikan Dekan FKIP Universitas Lampung, Ini Kata Plt. Rektor

Prof. Dr. Sunyono, M.Si. segera menyusun program 100 hari kerja usai terpilih menjadi Dekan FKIP Unila. FOTO MELIDA ROHLITA/RADARLAMPUNG.CO.ID --

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.IDRektorat Universitas Lampung (Unila) akan mengagendakan kembali jadwal pelantikan Dekan Fakultas Kegururuan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) terpilih Prof. Dr. Sunyono. 

Pelaksana tugas (Plt.) Rektor Universitas Lampung Dr. Mohammad Sofwan Effendi, M.Ed. menyatakan, dirinya sebagai pelaksana tugas tidak memliki hak untuk mengangkat dan memindahkan suatu posisi. Oleh karena itu, pihaknya kini masih menunggu keputusan pusat.

"Plt Rektor itu dalam surat edaran Nomor 1 BKN tahun 2021, hadir. Tetapi tidak berhak mengangkat atau memindahkan dan memberhentikan," kata Dr. Mohammad Sofwan Effendi, di kampus Unila, Jumat 20 September 2022. 

Karena itu, terus Dr. Mohammad Sofwan Effendi, ia telah menyurati kementrian guna meminta arahan terkait pelantikan Dekan FKIP baru, menggantikan Muhammad Basri yang tersandung kasus OTT oleh KPK.

BACA JUGA:Gara-gara Ini, Kadisdikbud Pesawaran Ancam Rekanan

"Oleh karenanya, saya sudah bersurat ke kementrian,  khususnya melaui ibu Sekjen. Untuk menetapkan Dekan FKIP dan ketua senat," sebut Dr. Mohammad Sofwan Effendi.

Setelah itu, pihaknya bakal menunggu jawaban dari pusat terkait keputusan dan menentukan jadwal pelantikan Dekan FKIP terpilih.

"Nanti kita tunggu. Apakah akan dilantik oleh mereka, atau mendelegasikan kepada salah satu pejabat di Unila. Karena yang berhak adalah yang definitive. Jadi hanya masalah teknis regulasi saja," papar Dr. Mohammad Sofwan Effendi.

Sementara Dekan FKIP terpilih Prof. Dr. Sunyono juga membenarkan perkataan Plt. Rektor dan mengaku belum mengetahui kapan dirinya akan dilantik.

BACA JUGA: Operasi Zebra Polres Pringsewu, Pelanggar Disanksi Tilang Elektronik, Tapi...

"Belum ada informasi terkait pelantikan, Mohon doanya," kata Prof. Sunyono. 

Sebelumnya, Prof. Dr. Sunyono, M.Si. menyatakan segera menyusun program 100 hari kerja. Langkah ini diambil setelah dirinya terpilih sebagai Dekan FKIP Universitas Lampung (Unila), Selasa 13 September 2022.

Prof. Dr. Sunyono M.Si menggantikan Muhammad Basri yang diamankan KPK karena diduga terlibat kasus suap penerimaan mahasiswa baru. 

Terpilihnya Prof. Sunyono sebagai dekan melalui proses pengambilan suara dari 16 anggota senat FKIP Unila dan Plt. Rektor Unila Dr. Mohammad Sofwan Effendi, M.Ed. dalam rapat senat tertutup di gedung Dekanat FKIP Unila.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: