Mau Mobil Matic Tetap Awet, Begini Cara Merawatnya

Mau Mobil Matic Tetap Awet, Begini Cara Merawatnya

cara merawat mobil matic--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Kondisi jaan yang semakin macet, mobil matic mulai banyak digemari penggunanya. Namun, agar tetap awet, ada cara untuk merawatnya.

Nah, bagi yang memiliki mobil matic, artikel kali ini akan mengulas cara merawat mobil kesayangan Anda itu afar tetap awet.

Mobil dengan transimi matic memang jangan asal menggunakan saja, tapi juga harus dirawat agar performanya bisa terjaga dengan baik.

Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL), Brahma Putra Mahayana mengatakan, pemilik mobil matic harus rajin untuk mengecek bagian oli transmisi.

BACA JUGA:Kondisi Gunung Anak Krakatau : Selama 6 Jam, 5 Kali Alami Gempa

Menurut dia, oli transmisi merupakan komponen yang sangat penting, maka cara merawat mobil matik agar tidak mudah rusak, salah satunya dengan memperhatikan kondisi oli tranmisi.

Jika terjadi kebocoran pada komponen ini, maka akan berakibat fatal.

Dia menjelaskan bahwa, tanda-tanda kebocoran pada komponen itu seperti ketika melakukan perpindahan tuas timbul suara kasar pada bagian transmisi.

"Saat ingin memindahkan tuas dari P ke D tiba-tiba muncul suara dan getaran, atau bahkan saat tuas transmisi dipindah dari N ke D, atau N ke R. Itu harus waspada terutama jika timbulnya suara ini secara terus menerus," kata Brahma Putra saat dilansir dari JPNN.

BACA JUGA:Ngeri! Korea Utara Luncurkan 5 Rudal di Atas Jepang

Lebih lanjut dia menjelaskan, bahwa kebocoran cairan transmisi tidak bisa dianggap sepele.

Sebab oli transmisi pada mobil matik sangat vital karena kendaraan itu tidak bisa bekerja dengan sempurna jika volumenya berkurang.

"Volume oli transmisi harus pas agar bisa berfungsi dengan baik, jadi sedikit saja kebocoran transmisi pada mobil matik bisa menimbulkan masalah serius," ungkapnya.

Biasanya, ketika masalah ini terjadi mobil dalam keadaan dingin transmisi tidak berfungsi atau mobil tidak mau jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: