Apel Siaga Bencana, Kapolres Lampung Barat Tekankan Ini

Apel Siaga Bencana, Kapolres Lampung Barat Tekankan Ini

Kapolres AKBP Heri Sugeng Priyantho menekankan beberapa hal terkait penanganan bencana di Lampung Barat dan Pesisir Barat. --

 

14

LAMPUNG BARAT, RADARLAMPUNG.CO.ID - Kapolres Lampung Barat AKBP Heri Sugeng Priyantho memimpin apel gelar pasukan dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam di wilayah hukum polres setempat, Senin 10 Oktober 2022. 

Kegiatan yang berlangsung di lapangan apel Polres Lampung Barat tersebut dihadiri Dandim 0422/LB Letkol Czi. Anthon Wibowo, Ketua PMI Lampung Barat Edi Novial, Wakapolres Kompol Robi B. Wicaksono dan pejabat lainnya. 

AKBP Heri Sugeng Priyantho menyampaikan, apel tersebut dilaksanakan dalam rangka pengecekan kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana Polri beserta unsur terkait sebelum melaksanakan tugas di lapangan dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam di Lampung Barat dan Pesisir Barat.

“Saya mengajak kepada kita semua agar bersama-sama saling berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk meningkatkan kapasitas dalam peningkatan kesiapsiagaan," kata AKBP Heri Sugeng Priyantho.

Menurut AKBP Heri Sugeng Priyantho, ancaman bencana yang semakin meninggi harus dihadapi dengan pengelolaan penanganan bencana lebih baik.

Dalam kesempatan tersebut, AKBP Heri Sugeng Priyantho menekankan beberapa hal.

Yaitu meningkatkan sinergitas antar stakeholder dalam upaya mitigasi dan meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. 

Kemudian melakukan pendekatan secara preventif kepada masyarakat terkait peran serta dalam menghadapi bencana.

”Menyiapkan mental dan fisik yang prima dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi, sekaligus menghindari ego sektoral dalam penanganan bencana dan lakukan koordinasi untuk menyiapkan lokasi pengungsian dan jalur evakuasi," urainya. 

"Laksanakan pelatihan secara intens dan terpadu terhadap personel yang akan ditugaskan, sehingga mereka siap dalam menjalankan tugas dan fungsinya,” imbuh AKBP Heri Sugeng Priyantho.

Ia menambahkan, pengecekan secara intens dan berkala terhadap seluruh peralatan, bertujuan agar siap pakai pada saat digunakan perlu dilakukan. 

Terpisah, gabungan aparat kepolisian, TNI, BPBD dan unsur terkait lainnya disiagakan mengantisipasi terjadinya bencana alam di Pringsewu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: