Antisipasi Penyelewengan, Dinas Pendidikan Mesuji Pantau Pembangunan di Sekolah

Antisipasi Penyelewengan, Dinas Pendidikan Mesuji Pantau Pembangunan di Sekolah

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mesuji melakukan monitoring rutin di sekolah yang sedang melakukan pembangunan dengan secara swakelola, Jumat 14 Oktober 2022. (Foto radarlampung.co.id/Ardian Mukti). --

MESUJI, RADARLAMPUNG.CO.ID - Sebagai upaya mengantisipasi adanya penyelewengan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mesuji melakukan monitoring rutin di sekolah yang sedang melakukan pembangunan dengan secara swakelola, Jumat 14 Oktober 2022.

Pengawasan secara langsung wajib dilakukan agar pekerjaan yang ada dapat berjalan sesuai dengan aturan. 

"Kegiatan monitoring sudah terjadwal dan kami pasti lakukan. Dan dari fasilitator melakukan monitoring minimal seminggu 3 kali. Tentu yang kami awasi adalah ketepatan gambar, penggunaan material sesuai dengan RAB," ujar Kepala Bidang Pendidikan Dasar Hafis mewakili kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mesuji kepada radarlampung.co.id, Jumat 14 Oktober 2022.

Menurutnya, setiap pekerjaan pembangunan yang ada di sekolah-sekolah, dikerjakan oleh pihak sekolah, tidak lagi kontraktual.

BACA JUGA:Buat Kamu yang Suka Cuap-Cuap di Depan Kamera, Radar Lampung TV Buka Peluang Jadi Presenter Nih

Itu mengacu pada Perpres Nomor 12 tahun 2021 tentang pengadaan barang jasa dengan metode swakelola dan kepala sekolah bertanggung jawab penuh. 

"Hari ini kami monitor di SMPN 11 Mesuji. Di sini sudah sesuai dengan mutu yang diinginkan. Progres pembangunan ruang kelas baru juga sudah mau selesai. Namun kami tetap meminta pihak sekolah untuk selalu mengikuti aturan dan pekerjaan sesuai RAB," imbuh Hafis. 

Tahun ini, Mesuji hanya membangun ruang kelas baru di SMP 11 yang disesuaikan dengan kebutuhan sekolah. Sedangkan ruangan UKS dibangun di 3 titik sekolah tingkat SMP. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: