Pj. Bupati Pringsewu Launching Klinik UMKM, Ini Manfaatnya

Pj. Bupati Pringsewu Launching Klinik UMKM, Ini Manfaatnya

Penjabat Bupati Adi Erlansyah didampingi Ketua Dekranasda Rusdiana saat launcing klinik UMKM Pringsewu di komplek pendapa. FOTO AGUS SUWIGNYO/RADARLAMPUNG.CO.ID --

PRINGSEWU, RADARLAMPUNG.CO.IDPelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Pringsewu memiliki klinik yang dapat dimanfaatkan untuk memajukan usahanya. 

Launching klinik UMKM itu dilakukan Pj. Bupati Pringsewu Adi Erlansyah didampingi Ketua Dekranasda Rusdiana, Asisten 2 Maskur, Kepala Diskoperindag Malian Ayub serta forkopimda, Jumat 14 Oktober 2022.

Klinik tersebut terintegrasi dengan satuan kerja terkait. Dengan begitu, para pelaku UMKM dapat mengurus berbagai hal hanya di satu tempat. 

Mulai dari perizinan, sertifikasi halal bahkan e-KTP. Dalam kepengurusannya tak dipungut biaya.

BACA JUGA: Aman, Gaji Guru PPPK Tanggamus Sudah Dibayar Dari Juli

Pj. Bupati Pringsewu Adi Erlansyah mengungkapkan, pembentukan klinik UMKM merupakan satu bentuk gagasan dan inovasi serta kolaborasi antar instansi pemerintah. 

Di mana didalamnya melibatkan Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Kantor Kementerian Agama dan OPD lainnya. 

"Semua dapat dilakukan di satu gedung,” kata Adi Erlansyah. 

Program tersebut, dapat menghemat waktu, energi serta materi pelaku UMKM. 

BACA JUGA: ‘Jalan-jalan’ ke Kawasan Register, Anggota Polres Lampung Barat Temukan Ganja

Selain itu, dengan berjalannya klinik UMKM ini diharapkan ke depan dapat mengembangkan dan meningkatkan kapasitas serta daya saing UMKM Pringsewu. 

Kemudian membantu mendukung dan menunjang pemenuhan target-target program kegiatan pada perangkat daerah dan instansi terkait.

Lebih jauh Adi Erlansyah mengungkapkan, klinik UMKM diharapkan menjadi titik awal untuk menuju pelayanan yang lebih besar, maju dan terpadu di Pringsewu.

"Kalau selama ini layanan dilakukan secara parsial di beberapa perangkat daerah dan kantor kementerian, maka kita saat ini melakukan upaya pelayanan konsultasi maupun informasi dalam satu wadah," urainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: