Keanekaragaman Hayati di Lampung Mengapa Harus Lestari

Keanekaragaman Hayati di Lampung Mengapa Harus Lestari

--

(6) Putusnya Daur Kehidupan. Oleh karena itu keanekaragaman hayati sendiri perlu kita jaga dan lestarikan karena manfaatnya sungguh luar biasa bagi manusia karena merupakan sarana penyedia pangan, sandang, papan, obat-obatan dan rekreasi.

Keanekaragaman hayati perlu pula dipertahankan karena merupakan komponen tatanan yang penting dalam ekosistem dan kehidupan mahluk hidup.

Manfaat Keanekaragam Hayati

Jika sumber daya kehati lestari, manfaat apakah yang akan didapatkan dalam kehidupan ini? Secara umum sumber daya kehati mempunyai tiga manfaat besar, yaitu; manfaat ekonomi, sosial dan lingkungan. Ketiga jenis manfaat ini muaranya adalah pada peningkatan taraf hidup manusia, makhluk Tuhan yang paling banyak jenis kebutuhan hidupnya. 

1. Manfaat Ekonomi

Manfaat ini merupakan jenis manfaat yang paling mudah difahami dan disadari manusia. Manfaat ekonomi ini berupa pemenuhan kebutuhan secara ekonomi antara lain:; pangan, sandang, papan dan industri. Terhadap kepentingan pangan, kehati memenuhi kebutuhan bahan pangan yang meliputi; berbagai jenis bahan makanan pokok, ternak, perikanan, buah-buahan dan sayuran. Dalam kepentingan papan, kehati memenuhi kebutuhan bahan bangunan berupa berbagai jenis kayu.

2. Manfaat Ekologi (Lingkungan)

Dampaka ekologi hampir luput dari perhatian masyarakat umum dna tidak seperti manaaf ekonomi yang langsung terasa.  Adapun manfaat ekologi antara lain Pelestarian sumberdaya tanah dan air, menekan pencemaran lingkungan dan menekan laju hama dan penyakit tanaman.

3. Manfaat Sosial

Manfaat ini meliputi beberapa kepentingan antara lain: Kesehatan, Ilmu Pengetahuan dan seni budaya.

Bainah Sari Dewi, Cindy Yoeland Violita, Gunardi Djoko Winarno, Sugeng P. Harianto, Yudi Safril Ariza

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: