Satu KK Bisa Dapat 3 Bansos PKH, Ternyata Ini Alasannya

Satu KK Bisa Dapat 3 Bansos PKH, Ternyata Ini Alasannya

Kepala Dinsos Metro Rakhmat Zainuddin. (Ruri/Radarlampung.co.id)--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Sosial (Dinsos) Metro telah menyalurkan bantuan sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) tahap ke tiga kepada 4.921 penerima di kota setempat.

Kepala Dinsos Metro Rakhmat Zainuddin mengatakan, bantuan PKH sendiri diberikan selama tiga bulan sekali, dan untuk tahap ketiga telah selesai disalurkan kepada penerima PKH.

"PKH diberikan secara bertahap 3 bulan sekali. Untuk tahap ke tiga ini sudah kita salurkan kepada 4921 keluarga,” ujarnya.

Rakhmat menuturkan, tidak semua masyarakat mendapatkan bansos PKH.

BACA JUGA:Terjerat Kasus Sabung Ayam, Kepala Kampung Satu Ini Ditangkap Polisi

Sebab, terdapat tujuh golongan yang mendapatkan bansos PKH, antara lain anak balita, lansia, penyandang disabilitas berat, ibu hamil, juga siswa SD-SMA.

Ia mencontohkan, jika dalam satu kartu keluarga ada golongan di antara tujuh golongan tersebut, keluarga tersebut akan mendapatkan bantuan. 

"Misalkan, kalau ada lansia, ada pelajar SMA juga, terus ada disabilitas, jadi dapat tiga itu," imbuhnya.

Ia menjelaskan, penerima PKH merupakan masyarakat yang terdaftar sebagai keluarga penerima manfaat (KPM) yang ada di dalam data resmi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

BACA JUGA:Konsumsi Narkoba, Buruh Ini Diamankan Polisi

Masyarakat bisa mengetahui dirinya terdaftar atau tidak sebagai KPM dengan mengakses situs resmi Kemensos, di cekbansos.kemensos.go.id.

"Masyarakat yang sudah terdaftar pada DTKS Kemensos tersebut, nanti juga bisa mendapatkan bansos lainnya. Seperti BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) dan BST (Bantuan Sosial Tunai)," katanya.

Ia menambahkan, anggaran yang dialokasikan untuk PKH tahap tiga sebesar Rp3.551.275.000. 

“PKH tahap tiga ini menggunakan anggaran sebesar Rp3 miliar lebih,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: