PLN Siap Pimpin Transisi Energi Indonesia

PLN Siap Pimpin Transisi Energi Indonesia

State Owned Enterprise (SOE) International Conference 2022 di Nusa Dua Bali, yang dibuka Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan didampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Senin 17 --

BALI, RADARLAMPUNG.CO.ID - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan didampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membuka State Owned Enterprise (SOE) International Conference 2022 di Nusa Dua Bali, Senin 17 Oktober 2022. 

SOE International Conference atau Konferensi BUMN Negara G20 ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut KTT G20. 

Kegiatan tersebut menjadi salah satu sarana pemerintah mengabarkan kepada komunitas internasional tentang dampak transformasi BUMN bagi masyarakat Indonesia. Termasuk transisi energi.

Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi langkah BUMN yang menjadi garda depan dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia dan pemulihan saat pandemi Covid-19.

BACA JUGA: 4 Tahun Mangkrak, Akhirnya Pemprov Lampung Bakal Selesaikan Pembangunan Perpustakaan Modern pada Tahun Depan

"BUMN juga berperan besar dalam penanganan pandemi. Keberhasilan BUMN ini bisa memicu pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen. Produk Domestik Bruto (PDB) kami bisa kembali seperti sebelum Covid-19," kata Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut Binsar Pandjaitan yakin, meski berada dalam ancaman resesi global, Indonesia bisa mempertahankan posisinya dengan kekuatan bersama. 

"Transformasi membuat lebih efisien. Jumlah BUMN berkurang dari 108 jadi 92 BUMN dan ditargetkan bisa turun dari itu,” sebut Luhut Binsar Pandjaitan. 

”Transformasi membuat BUMN lebih tangguh. Membuat BUMN lebih banyak kontribusinya pada perekonomian kita. Ini bisa mendorong perekonomian lebih baik. Naik 115 persen dari target pemerintah," imbuhnya.

BACA JUGA: Bakal Hadiri Pelantikan Pengurus DPC Demokrat, Ini Agenda AHY di Lampung

Sementara Menteri BUMN Erick Thohir dalam konferensi pers menjelaskan, BUMN siap menjalankan transisi energi demi mencapai Net Zero Emission (NZE).  

"Kita harus mendorong renewable energy, masing-masing perusahaan BUMN tidak jalan sendiri-sendiri, tetapi menjadi satu kesatuan untuk memastikan NZE tahun 2060 terjadi. Catatannya, transisi energi harus dilakukan berdasarkan transformasi yang diingini oleh Indonesia, bukan negara lain," tegas Erick Thohir.

Pada bagian lain, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyambut baik dukungan pemerintah untuk menyukseskan transisi energi khususnya mengejar target NZE 2060.  

PLN sudah menyiapkan peta jalan sejak 2021 dan disampaikan pada KTT COP26 di Glasgow. Artinya, PLN sudah siap memimpin transisi energi di Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: