Dekranasda Lampung Timur Dukung Peningkatan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Dekranasda Lampung Timur Dukung Peningkatan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

”Diharapkan dapat memberikan nilai ekonomis untuk keluarga serta memberikan kenangan atau cinderamata khas Lampung Timur,” tegas istri Bupati Lampung Timur M. Dawam Rahardjo. Ini. (kominfo lamtim)--

LAMPUNG TIMUR, RADARLAMPUNG.CO.ID - Meningkatkan perwujudan nilai tambah dari kekayaan intelektual, bersumber dari kreativitas manusia yang berbasis warisan budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Hal ini disampaikan Ketua Dekranasda Lampung Timur Yusbariah saat menghadiri, sekaligus membuka pelatihan kerajinan batok kelapa di Satwa Elephant Eco Lodge, Kecamatan Labuhan Ratu, Kamis 20 Oktober 2022. 

Pembekalan pelatihan dalam rangka peningkatan kompetensi SDM pariwisata dan ekonomi kreatif tingkat dasar batok kelapa tersebut diikuti 30 peserta. 

Mereka berasal dari Kecamatan Bandar Sribhawono, Labuhan Ratu, Labuhan Maringgai dan Braja Selebah. 

Yusbariah mengungkapkan, hasil kerajinan batok kelapa merupakan salah satu hasil produk yang sangat menarik dan memiliki ciri khas tersendiri dalam desainnya.

Dengan modal tersebut, ke depan bakal berkembang seiring dengan pertumbuhan dunia pariwisata. Kemudian bisa menjadi salah satu ikon dan suvenir bagi wisatawan yang berkunjung ke Bumei Tuwah Bepadan.

Melihat dari potensi tersebut, Pemkab dan Dekranasda Lampung Timur mendukung penuh dengan mengadakan pelatihan peningkatan kompetensi SDM pariwisata dan ekonomi kreatif batok kelapa.

”Diharapkan dari kegiatan pelatihan ini dapat melahirkan karya produk kriya batok kelapa dengan motif desain menarik, inovatif, dan memiliki kualitas produk bernilai jual dan laku di pangsa pasar global sebagaimana yang dibutuhkan oleh konsumen saat ini,” kaa Yusbariah. 

Dengan banyaknya potensi wisata menarik di Lampung Timur, hal tersebut menjadi peluang dan wahana pelaku ekonomi kreatif untuk bisa berkarya sekaligus mempromosikan produk kerajinan.

”Diharapkan dapat memberikan nilai ekonomis untuk keluarga serta memberikan kenangan atau cinderamata khas Lampung Timur,” tegas istri  Bupati Lampung Timur M. Dawam Rahardjo. Ini. (kominfo lamtim)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: