Puluhan Rumah di Pesawaran Terendam, Camat dan Kades Diminta Siaga

Puluhan Rumah di Pesawaran Terendam, Camat dan Kades Diminta Siaga

Luapan air sungai Way Mada menyebabkan puluhan rumah di Dusun Rawa Kijing, Desa Sindang Garut, Kecamatan Way Lima, Pesawaran terendam. FOTO DOKUMEN CAMAT WAY LIMA --

PESAWARAN, RADARLAMPUNG.CO.ID - Hujan yang mengguyur sejak Senin sore, 24 Oktober hingga Selasa 25 Oktober menyebabkan sungai Way Bulog dan Way Mada meluap

Luapan air sungai merendam puluhan rumah di Dusun Rawa Kijing, Desa Sindang Garut, Kecamatan Way Lima.

"Ada sekitar 68 rumah di Dusun Rawa Kijing yang terendam. Rata-rata ketinggian sekitar satu meter," kata Camat Way Lima Al Ikhsan Iskafi, Selasa 25 Oktober 2022.

Al Ikhsan Iskafi menuturkan, saat ini warga masih waspada. Mengingat hujan masih mengguyur dan jika terjadi hujan hingga sore ini, dikhawatirkan sungai Way Bulog dan Mada Jaya tidak mampu menampung debit air.

BACA JUGA: Siswi SMA Tewas Terkena Longsor di Pesawaran

"Kita masih berjaga-jaga. Sebab kalau masih hujan, takutnya air sungai meluap lagi. Saat ini sudah mulai berangsur angsur surut" tegasnya.

Terpisah, Kepala BPBD Pesawaran Sopyan Agani mengungkapkan, intensitas hujan yang tinggi berpotensi menyebabkan banjir dan tanah longsor. Sehingga, hal itu menjadi perhatian pemerintah daerah.


Luapan air sungai Way Mada menyebabkan puluhan rumah di Dusun Rawa Kijing, Desa Sindang Garut, Kecamatan Way Lima, Pesawaran terendam. FOTO DOKUMEN CAMAT WAY LIMA --

"Yang kita antisipasi saat ini peningkatan di BMKG hidrometeorologi dengan intensitas hujan yang tinggi berpotensi bencana banjir dan longsor,”kata Sopyan Agani.

Menurut Sopyan, Sekretaris Kabupaten Pesawaran turun ke lapangan untuk memberikan perhatian kepada warga yang terdampak. 

BACA JUGA: Banjir Bandang Terjang Dua Kecamatan di Tanggamus

”Semua camat dan kepala desa meningkatkan kesiapsiagaan terhadap bencana alam di wilayah masing-masing," tegasnya.

Selain berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum untuk membersihkan sisa tanah longsor di Sumber Jaya, Kecamatan Way Ratai, pihaknya juga berkoordinasi dengan dinas terkait untuk membantu warga yang terdampak bencana. 

Di mana, selain tanah longsor, intensitas hujan menyebabkan Way Kijing meluap dan merendam pemukiman warga di Desa Rawa Kijing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: