Gubernur Sambut Kunker Komisi X ke Lampung

Gubernur Sambut Kunker Komisi X ke Lampung

Gubernur Sambut Kunker komisi X ke Lampung-Biro adpim Pemprov Lampung-

“Serta bermitra dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Perpustakaan Nasional,” ujar Agustina.

Dari sisi legislasi, Agustina menjelaskan, Komisi X DPR RI periode 2020-2024 telah menghasilkan 2 (dua) UU yaitu UU No. 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan dan UU No. 23 Tahun 2022 Tentang Pendidikan dan Layanan Psikologi. Pada periode ini, Komisi X DPR RI telah memprioritaskan penyusunan Revisi UU No. 10 Tahun 2009 Tentang Pariwisata, dan Revisi UU No. 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan. 

Sementara untuk fungsi pengawasan, Komisi X DPR RI periode ini telah melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan UU dan kebijakan Pemerintah melalui serangkai kegiatan RDP/RDPU, kunjungan kerja dan pembentukan Panja Pengawasan. Panja Pengawasan yang telah selesai dilaksanakan yaitu: (1) Panja Persiapan PON 2020 Papua, (2) Panja Pendidikan Vokasi, (3) Panja Pemulihan Pariwisata, (4) Panja Pembelajaran Jarak Jauh, (5) Panja Penguatan Ekonomi Kreatif, (6) Panja Peta Jalan Pendidikan, (7) Panja Pengangkatan GTK Menjadi ASN, (8) Panja Desa Wisata dan Kampung Tematik, (9) Panja Merdeka Belajar - Kampus Merdeka, (10) Panja Formasi GTK-PPPK 2022, dan (11) Panja Kebijakan Kurikulum Merdeka. Dari serangkaian Panja tersebut, telah banyak rekomendasi yang disampaikan kepada Pemerintah. Saat ini Komisi X DPR RI tengah menjalankan Panja Perguruan Tinggi. 

Komisi X DPR RI pada kunjungan ini ingin mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi; pariwisata dan ekonomi kreatif; pemuda dan olahraga, serta perpustakaan di Provinsi Lampung. 

Dalam kesempatan itu, Komisi X DPR RI didampingi oleh pejabat dari Mitra Kerja Komisi X DPR RI, yaitu Plt. Direktur Pendidikan Profesi Guru Kemendikbudristek RI Temu Ismail, Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf RI Oneng Setya Harini, Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf RI Dwi Marhen Yono, Staf Ahli Bidang Hukum Kementerian Pemuda dan Olahraga Samsudin, dan Kepala Pusat Jasa Informasi Perpusatakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara Perpusnas RI Agus Sutoyo. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: