Iklan Bos Aca Header Detail

Besok, Menteri Nadiem Anwar Makarim Lantik Wakil Rektor I, Dekan FKIP dan Wakil Direktur Pasca Sarjana Unila

Besok, Menteri Nadiem Anwar Makarim Lantik Wakil Rektor I, Dekan FKIP dan Wakil Direktur Pasca Sarjana Unila

Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan TIK Unila Prof. Suharso menyatakan tiga pejabat Unila akan dilantik oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek Dikti Nadiem Anwar Makarim, Kamis 27 Oktober 2022. FOTO MELIDA ROHLITA/RADARLAMPUNG.CO.ID --

BACA JUGA: Selamat! Sembilan Dosen Unila Tuntas Ikuti Pelatihan Asesor ASIIN Expert

"Untuk mengisi kekosongan (wakil rektor I) kita, dalam waktu dekat, pada bulan september ini akan segera ditunjuk WR I. Dan saya hanya mengajukan yang menentukan tetap kementerian," kata Dr. Mohammad Sofwan Effendi, M.Ed. Jumat 2 September 2022.

Saat ini, Unila memiliki tiga wakil rektor. Yaitu Wakil Rektor II Bidang Administasi Umum dan Keuangan Prof. Asep Sukohar serta Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Yulianto.

Kemudian Wakil Rektor IV Bidang Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Teknologi Informasi dan Komunikasi Prof. Suharso.

Sementara untuk pemilihan Dekan FKIP Unila yang menggantikan Muhammad Basri sudah dilakukan beberapa waktu lalu. Prof. Dr. Sunyono terpilih sebagai Dekan FKIP Unila. 

BACA JUGA: Penyerahan SK Guru Besar Dr. Chatarina Niken Dwi Wahyuni

Terpilihnya Prof. Sunyono sebagai dekan melalui proses pengambilan suara dari 16 anggota senat FKIP Unila dan Plt. Rektor Unila Dr. Mohammad Sofwan Effendi, M.Ed. dalam rapat senat tertutup di gedung Dekanat FKIP Unila.

Dr. Mohammad Sofwan Effendi, M.Ed. mengatakan, pemilihan ulang Dekan FKIP Unila, menggantikan dekan terpilih sebelumnya, Muhammad Basri. Dalam pemilihan tersebut, Prof. Sunyono memperoleh 13 suara.  

"Jadi, tadi sudah terselenggara pemilihan ulang dekan FKIP untuk periode 2022 sampai 2026. Kenapa diulang, karena dekan terpilih sebelumnya ada masalah sehingga berdasarkan UU tentang ASN dan PP tentang ASN, seseorang yang sudah sampai tahap itu dinyatakan berhenti dalam jabatan, dan diberhentikan dari ASN untuk sementara, menunggu keputusan. Jadi nanti kalau tidak bersalah, dikembalikan. Tetapi tidak dijabatannya," kata Dr. Mohammad Sofwan Effendi, M.Ed. didampingi Ketua Senat FKIP Nuraida dan Plt. Dekan FKIP Prof. Patuan Raja.

Dilanjutkan, berdasar penjaringan selama tiga minggu, ada tiga nama yang menjadi calon dekan. Yaitu Prof. Dr. Sunyono, MS.i.; Prof. Abdurahman dan Dr. Sugeng Sugiarto. 

BACA JUGA: Universitas Lampung Tegaskan Kerjasama Luar Negeri Tetap Berjalan

"Berdasar penghitungan dan pemlihan 16 anggota senat dan rektor, akhirnya Prof. Sunyono mendapatkan 13 suara. Prof. Abdurahman 10 suara dan Dr. Sugeng dua. Dengan demikan, berdasar regulasi dan statuta Unila Prof. Sunyono ditetapkakan sebagai dekan untuk Periode 2022-2026," jelas Dr. Mohammad Sofwan Effendi.

Dalam kesempatan tersebut Dr. Mohammad Sofwan Effendi meminta tugas dekan baru benar-benar dijalankan dengan baik.

"Minimal ada dua. Pertama, membangun integritas dengan pelaksaan trid harma perguruan tinggi secara konsekuen, konsisten dan professional. Tidak boleh ada sekat-sekat kepentingan lain atau pribadi yang ada hanya untuk akademik,” tegasnya.

Kedua, membangun kepercayaan public, baik mitra fakultas dan universitas seperti pemerintah daerah, usaha, dan organisasi guru. Terlebih dengan mahasiswa. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: