Way Semaka Meluap, Ratusan Rumah di Tanggamus Terendam

Way Semaka Meluap, Ratusan Rumah di Tanggamus Terendam

Camat Semaka Wiwin Triani bersama personel BPBD dan kepolisian saat meninjau banjir di Pekon Karangrejo Semaka, Rabu 26 Oktober 2022. FOTO DOKUMEN BPBD TANGGAMUS --

TANGGAMUS, RADARLAMPUNG.CO.ID - Banjir merendam ratusan rumah di Kecamatan Semaka, Wonosobo dan Bandar Negeri Semuong terendam. Peristiwa itu terjadi akibat sungai Way Semaka meluap setelah hujan dengan intensitas tinggi terjadi Selasa sore, 25 Oktober 2022 hingga Rabu pagi, 26 Oktober 2022.  

Kepala BPBD Tanggamus Ediyan M. Thoha melalui Kasi Kedaruratan Budiman menjelaskan, banjir akibat luapan Way Semaka terjadi di Kecamatan Semaka, Wonosobo dan Bandar Negeri Semuong. 

Ada 15 pekon yang terdampak. Rinciannya, sembilan di Kecamatan Semaka. Yakni Pekon Karangrejo, Garut, Tugurejo, Sidodadi, Kanoman, Sudimoro, Sudimoro Bangun, Sri Purnomo dan Talang Asahan.

Lalu lima pekon di Kecamatan Wonosobo. Terdiri dari Pekon Banjarsari, Banjarnegara, Kalisari, Kalirejo dan Karanganyar. 

BACA JUGA: Talud Jembatan Way Billu Lamteng Ambrol, Begini Kata Kadis BMBK Lampung

"Kemudian di wilayah Kecamatan Bandar Negeri Semuong, ada satu pekon yang terdampak banjir yakni Pekon Sinar Bangun," kata Budiman.

Selain pemukiman warga, banjir luapan sungai Way Semaka juga merendam areal persawahan serta tambak ikan di Kecamatan Semaka dan Wonosobo. 

"Sekarang masih didata berapa jumlah rumah, areal persawahan dan tambak ikan yang terdampak banjir. Tapi kalau rumah yang terendam di tiga kecamatan itu ada sekitar ratusan rumah," sebut dia.

Budiman mengungkapkan, tidak ada laporan kerusakan maupun korban jiwa akibat bencana itu.

BACA JUGA: Sekdaprov Fahrizal Buka Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik dan tidak mendekati sumber banjir. Kami juga meminta agar masyarakat membersihkan saluran saluran air, karena salah satu pemicu banjir akibat banyaknya saluran air yang tersumbat sampah," tegasnya.

Selain itu, BPBD juga mengimbau agar masyarakat yang tinggal di dekat sungai untuk tetap siaga banjir susulan mengingat kondisi cuaca masih mendung. 

Sementara, Camat Semaka Wiwin Triani mengatakan, banjir luapan sungai Way Semaka dipicu akibat hujan yang terjadi di wilayah Suoh, Lampung Barat. 

Menurut dia, air mulai masuk ke pemukiman warga sekitar pukul 07.00 WIB, Rabu 26 Oktober 2022. Ketinggian air mencapai 30-40 centimeter. Banjir mulai surut sekitar pukul 13.00 WIB. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: