Mahasiswa Farmasi ITERA Adakan Penyuluhan Mengenai Cerdas Menggunakan Obat

Mahasiswa Farmasi ITERA Adakan Penyuluhan Mengenai Cerdas Menggunakan Obat

Mahasiswa program studi Farmasi Institut Teknologi Sumatera (ITERA) yang sedang menjalankan kuliah Pelayanan Kefarmasian melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan mengadakan penyuluhan bertema "Mahasiswa Cerdas Menggunakan Obat" pada 6 --

RADARLAMPUNG.CO.ID - Mahasiswa program studi Farmasi Institut Teknologi Sumatera (ITERA) yang sedang menjalankan kuliah Pelayanan Kefarmasian melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan mengadakan penyuluhan bertema "Mahasiswa Cerdas Menggunakan Obat" pada 6 November 2022 di asrama Mahasiswa ITERA.

Acara ini berguna untuk meningkatkan pengetahuan terkait swamedikasi penyakit ringan yang sering dialami oleh mahasiswa, cara penggunaan antibiotik yang tepat, serta pemberian informasi cara DAGUSIBU (Dapatkan, Gunakan, Simpan, Buang) obat.

Dosen pembimbing Kelompok 4B Tim Pelayanan Kefarmasian, apt. Rizky Hidayaturahmah, S.Farm.,M.Clin.Pharm menjelaskan, PKM merupakan salah satu visi dari Tri Dharma perguruan tinggi di Indonesia yang bertujuan untuk menciptakan hubungan sosial yang baik antara pihak perguruan tinggi.

Terutama mahasiswa dengan masyarakat sekitarnya sekaligus sebagai perwujudan selaku makhluk sosial.

BACA JUGA:Wajib Tahu, Begini Modus Arisan Menurun Oknum Warga Lampung yang Rugikan Korban hingga Miliaran

Kegiatan PKM ini, dilaksanakan oleh Tim Pelayanan Kefarmasian dari Farmasi ITERA kelompok 4B yang diketuai oleh Nikodemus Sianturi dan beranggotakan Marcella Willy Andriyani, Regina Liviandari, Aqilah Nurfanisa, Elga Olivia Putri, Ranti Yulia Marnis, Putu Vinanda Dewi, Pretty Hanifah Rohadlatul Asy, Raffa Prahara Wardhani, Anel Meydina Sabbaha, Wida Alifia Rahmatika, Ade Evrygusti Yani, dan Fachrul Bachtiar serta dibimbing oleh apt. Rizky Hidayaturahmah, S.Farm.,M.Clin.Pharm. selaku dosen program studi Farmasi ITERA. Setelah dilakukannya survei dengan mahasiswa di asrama ITERA, ditemukan bahwa sering dijumpai penyakit demam, nyeri, batuk, dan maag. Sehingga perlu dilakukan edukasi mengenai swamedikasi dan cara penggunaan obat yang benar.

"Saya mendukung dengan dilakukannya kegiatan ini. Selain memberikan pengetahuan baru kepada peserta penyuluhan, namun juga memberikan pengalaman kepada mahasiswa pelaksana PKM,” ujar apt. Rizky Hidayaturahmah, S.Farm.,M.Clin.Pharm. selaku dosen pembimbing Kelompok 4B Tim Pelayanan Kefarmasian.

"Kegiatan ini cukup menarik di mana di asrama ITERA sendiri banyak mahasiswa selain dari program studi farmasi yang tidak tahu cara swamedikasi yang benar," sambung dosen farmasi ITERA lainnya, apt. Nurul Irna Windari, S.Farm.,M.Clin.Pharm.

Kegiatan penyuluhan tersebut, diawali dengan sambutan dari pihak asrama dan penyerahan vitamin dan obat-obatan kepada asrama. Kemudian, dilanjutkan kuis awal untuk mengetahui pengetahuan peserta mengenai swamedikasi dan penggunaan obat yang benar.

BACA JUGA:BRI Kembali Buka Program Management Trainee, BRILiaN Future Leader Program

Setelah itu, dilakukan pemberian materi mengenai swamedikasi penyakit yang sering dialami oleh mahasiswa, penggunaan antibiotik yang tepat, cara DAGUSIBU obat bagi mahasiswa serta pembagian leaflet.

Selanjutnya, dilakukan sesi tanya jawab dari peserta yang dibina oleh anggota PKM. Kegiatan dilanjutkan dengan kuis akhir untuk mengetahui pemahaman peserta setelah pemaparan materi. Di akhir acara dilakukan dengan sesi dokumentasi dan pemberian doorprize serta penutupan.

Kegiatan ini dihadiri 55 mahasiswa yang berasal dari keempat asrama mahasiswa ITERA. Kegiatan ini mendapat sambutan baik serta antusiasme dari mahasiswa asrama ITERA dengan banyaknya mahasiswa yang bertanya saat pemaparan materi dan sesi diskusi sebagai bukti bahwa kegiatan ini mendapat respon positif.

Setelah dilakukannya penyuluhan, mahasiswa ITERA mengalami peningkatan pengetahuan yang dilihat dari rata-rata nilai kuis awal dan kuis akhir yang diberikan terlihat adanya peningkatan yang signifikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: