8’th ICITB 2022 IIB Darmajaya Hadirkan Keynote Speaker Tiga Negara

8’th ICITB 2022 IIB Darmajaya Hadirkan Keynote Speaker Tiga Negara

Kegiatan 8’th International Conference on Information Technology and Business (ICITB) 2022 Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya.--

BACA JUGA: Perdana Melihat Keindahan Pesisir Lampung, Begini Testimoni Mahasiswa Asing IIB Darmajaya

Sementara dalam sambutannya, Rektor IIB Darmajaya, Dr. Ir. H. Firmansyah Y. Alfian, MBA., M.Sc., mengatakan, di era revolusi industri 4.0, pemanfaatan teknologi menjadi kebutuhan yang sangat penting. 

Menurut Firmansyah, saat ini perusahaan besar menjadikan teknologi digital untuk menjamin eksistensi bisnisnya. 

Sebab jika hanya mengandalkan model bisnis lama, maka perusahaan bakal terpuruk. 

”Saat ini, disrupsi digital telah menggerus berbagai sector. Seperti transportasi, ritel, keuangan, logistik dan sektor lainnya. Digitalisasi juga berdampak terhadap pengembangan wirausaha baru,” papar Firmansyah. 

BACA JUGA: Dosen IIB Darmajaya Jadi Pembicara Dalam Online Global Classroom

Firmansyah menyebutkan, dengan penduduk terbesar keempat di dunia, Indonesia memiliki potensi besar untuk pengembangan digitalpreneur.

"Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah pada tahun 2020, UMKM berkontribusi sebesar 61 persen terhadap PDB dengan kemampuan menyerap 97 persen dari total tenaga kerja," sebut dia.

Dilanjutkan, UMKM di antaranya terdiri dari para pelaku bisnis berbasis digital, yang mengalami peningkatan sejak adanya pandemi Covid-19 pada awal April 2020.

Kemudian banyak generasi muda sukses memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalankan bisnisnya.

BACA JUGA: Selamat! IIB Darmajaya Raih Tiga Penghargaan dari LLDikti Wilayah II

Firmansyah juga menegaskan, Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya sebagai salah satu perguruan tinggi menjadi basis aktivitas intelektual.

Karena itu perlu menjadi penggerak utama dalam pengembangan teknologi, khususnya di Lampung dan Indonesia pada umumnya. 

“IIB Darmajaya yang merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Lampung memiliki komitmen untuk meningkatkan kualitas penelitian, terutama di era disrupsi teknologi 4.0 ini,” tegasnya. 

Ia berharap hasil ICITB dapat terus dilaksanakan dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: