Dosen IIB Darmajaya Jadi Pembicara Dalam Online Global Classroom

Dosen IIB Darmajaya Jadi Pembicara Dalam Online Global Classroom

--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.IDDosen Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya Joko Triloka, M.T., Ph.D., menjadi pembicara dalam Online Global Classroom yang digelar Razak Faculty of Technology and Informatics, Universiti Teknologi Malaysia (UTM) bersama IIB Darmajaya dan Silpakorn University, Thailand, Kamis 6 Oktober 2022.

Joko Triloka menyampaikan topik mengenai Multi Agent System dalam Online Global Classroom melalui platform cisco webex. 

Ketua Prodi Magister Teknik Informatika IIB Darmajaya itu mendapat kesempatan kedua untuk mengisi Online Global Classroom dengan topik MAS.

Sebelumnya Assoc. Prof. Sr. Dr. Siti Uzairiah Mohd Tobi dari Razak Faculty of Technology and Informatics, UTM membagikan pengalamannya dalam menempuh studi Ph.D. (S3). 

BACA JUGA: Hadirkan 2 Narasumber, IIB Darmajaya Gelar Kuliah Umum Perdana Pascasarjana 2022

Kemudian sesi terakhir, Dr. Waralak Vongdoiwang Siricharoen yang mengisi Gaming Development.

Joko Triloka mengatakan, Multi Agent System atau sebuah Multi Agent System (MAS) adalah kumpulan agen cerdas yang berinteraksi satu dengan yang lain dan bekerja secara bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan.

“MAS dipandang sebagai suatu sistem berparameter, yaitu sistem yang terdiri atas beberapa proses sejenis yang banyaknya ditentukan oleh parameter masukan. Maka proses spesifikasi dan verifikasi dapat dilakukan dengan cara yang sama berapa pun jumlah agen yang ada di dalam sistem,” kata Joko Triloka.

Menurut Joko Triloka, permasalahan yang mungkin muncul dengan cara pandang ini adalah tidak semua MAS bersifat homogeny. Tidak semua agen mempunyai kapabilitas yang sama. 

BACA JUGA: IIB Darmajaya Sambut 22 Mahasiswa PMM asal Jawa dan Sulawesi

“Solusi yang bisa dilakukan yaitu dengan memanfaatkan AI yang berbasis algoritma pembelajaran (learning algorithm),” papar Joko Triloka.

Sementara, Kepala UPT International Office Muhammad Dwiyan Aditiya, S.Pd., M.Pd., mengatakan, Online Global Classroom merupakan bagian dari implementasi kerja sama antara dua perguruan tinggi yaitu IIB Darmajaya dan UTM. 

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk sharing knowledge dari dosen IIB Darmajaya kepada pengajar dan mahasiswa UTM,” ungkapnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: