Bupati Berharap Tanggamus Kembali Raih Juara Umum MTQ Ke-49

Bupati Berharap Tanggamus Kembali Raih  Juara Umum MTQ Ke-49

Bupati Dewi Handajani melepas kafilah MTQ tingkat Provinsi Lampung ke-49 dari Kabupaten Tanggamus. FOTO DISKOMINFO TANGGAMUS--

TANGGAMUS, RADARLAMPUNG.CO.ID - Bupati Dewi Handajani melepas kafilah Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-49 tiingkat Provinsi Lampung yang akan dilaksanakan di Mesuji. 

Pelepasan kafilah asal Tanggamus ini berlangsung di ruang rapat utama sekretariat kabupaten, Kamis 1 Desember 2022. 

Hadir Wakil Bupati AM. Syafi'i, Sekretaris Kabupaten selaku Ketua LPTQ Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis, Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, Forkopimda dan Kepala Kemenag Drs. H. M. Aris Rayusman.

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sukisno, Ketua MUI Tanggamus KH. Wahid Zamas, Kadis Kominfo Edi Narimo, Kabag Kesra Heri Mahbi, Ustadz Pembina Offisial dan pendamping MTQ Tanggamus, serta para Kafilah MTQ Kabupaten Tanggamus.

Kepala Kantor Kemenag H.M. Aris Rayusman melaporkan bahwa pada bulan Oktober yang lalu Provinsi Lampung mengirimkan 32 peserta.

Dari jumlah itu, 15 peserta berasal dari Tanggamus untuk mewakili Provinsi Lampung pada MTQ tingkat nasional ke-29 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Pelaksanaan teknis MTQ Provinsi Lampung ke-49 akan dilaksanakan di Kabupaten Mesuji dari tanggal 2 Desember sampai dengan 9 Desember 2022. 

Untuk pelaksanaan MTQ tingkat provinsi kali ini, Kabupaten Tanggamus akan mengirimkan 58 peserta yang terdiri dari 29 peserta putra dan 29 peserta putri dengan pendamping dua orang official.

"Kemudian sebanyak 38 orang dari 58 peserta yang kita kirim akan mengikuti semua cabang  pada MTQ tahun ini yaitu sebanyak 8 cabang dan 29 golongan," kata HM. Aris Rayusman.

Selama mengikuti MTQ, kafilah Kabupaten Tanggamus akan ditempatkan di rumah penduduk yang disediakan oleh Kabupaten Mesuji dengan akomodasi dan konsumsi dikelola oleh masing-masing kabupaten.

"Selain itu, untuk menghasilkan hasil yang maksimal kita telah melakukan pembinaan secara berkala yang dibimbing dan dibina oleh para ustadz yang berkompeten di bidangnya masing-masing, dengan harapan Kafilah Tanggamus bisa meraih juara umum untuk yang ke 6 kalinya," terangnya.

Sementara Bupati Dewi Handajani menyampaikan, melalui MTQ ke 49 tingkat Provinsi Lampung tahun 2002 ini merupakan momentum untuk meningkatkan dan mempererat ukhuwah Islamiyah, khususnya dengan sesama kafilah dari 15 kabupaten/kota.

Kemudian sebagai sarana untuk mencari dan mengembangkan tunas tunas yang berbakat dalam penguasaan isi kandungan Al Quran.

MTQ sebagai barometer agar bisa menciptakan anak anak yang bisa mengaji dan tidak buta aksara hijaiyah serta supaya kedepan menjadi generasi islami yang dibutuhkan masyarakat dan menjadikan anak yang agamis dan ikut menjaga masyarakat Tanggamus agar tetap aman dan kondusif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: