Gelar Bimbingan Teknis Tata Kelola Air di Tanggamus

Gelar Bimbingan Teknis Tata Kelola Air di Tanggamus

Gelar kegiatan bimbingan teknis tata kelola air yang dibuka secara langsung oleh Bupati Tanggamus Dewi Handajani. FOTO DISKOMINFO TANGGAMUS --

TANGGAMUS, RADARLAMPUNG.CO.IDBupati Tanggamus Dewi Handajani menghadiri sekaligus membuka bimbingan teknis tata kelola air, di Balai Pekon Sedayu, Kecamatan Semaka. 

Bimbingan teknis tata kelola air tersebut diselenggarakan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian  (BPTP) Lampung.

Hadir Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, Kepala BPTP Lampung yang diwakili oleh Kasubbag TU Arfi Irawati dan Kepala Dinas KPTPH Tanggamus Catur Agus Dewanto.

Kemudian Kepala Bank Lampung KCP Kotaagung Feryansyah Kaizar, Camat Semaka Wiwin Triani, Korluh BPP Kecamatan Semaka, Kepala Pekon Sedayu Sadi Fredianto dan peserta bimtek tata kelola air.

Bupati Dewi Handajani dalam sambutan mengatakan, kegiatan bimbingan teknis tata kelola air diharapkan bisa memaksimalkan lahan yang ada.  

”Dengan hasil yang betul-betul maksimal berkali kali lipat dengan tata kelola air yang lebih baik dan ini yang harus kita terapkan,” ujarnya. 

Melalui kegiatan tersebut, para petani di Tanggamus, khususnya ada di wilayah Semaka dan sekitarnya, mendapatkan kesempatan menambah wawasan dan pelatihan bimbingan teknis tata kelola air  

Harapan bupati, kegiatan ini tidak cukup sampai di sini saja. Ilmu yang didapat hari ini bisa ditularkan juga kepada kawan-kawan para petani atau KWT. 

Sehingga ilmu ini akan bisa memberikan manfaat juga untuk masyarakat lainnya. Dengan demikian Insya Allah pertanian di kabupaten Tanggamus akan lebih dan maju lagi. 

Lanjut bupati, dalam kegiatan ini kita juga telah mendapatkan beberapa bantuan yang di berikan oleh anggota DPR RI Sudin, yaitu program P2R yang diberikan kepada beberapa KWT dan bantuan pupuk organik dan juga kegiatan rehabilitasi jaringan irigasi persiyer kepada beberapa poktan dan hari ini juga ada bantuan benih padi 2.000 kilogram di Kecamatan Semaka dan Wonosobo.

Kemudian dari Pemerintah Provinsi Lampung juga memberikan bantuan benih padi varietas inpari 47 dan 48.

Kabupaten Tanggamus pada tahun 2022  ini mendapatkan kesempatan masuk dalam 12 nominator Inovatif Govermant Award (IGA) dan salah satu yang diangkat adalah pemanfaatan limbah.

”Yaitu dari buah dan sayur sayuran dapat disanitasi sehingga menjadi ekoenzim yang bermanfaat menyuburkan tanah dan menjadi pupuk organik buat para petani kita,”sebut bupati. 

Kepala BPTP Lampung yang diwakili Kasubbag TU Arfi Irawati menyampaikan, kegiatan bimbingan teknis tata kelola air dilaksanakan di tiga kabupaten di Lampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: