Bus Sekolah Akan Dimaksimalkan Lagi oleh Pemkot Metro

Bus Sekolah Akan Dimaksimalkan Lagi oleh Pemkot Metro

Bus sekolah di Pesisir Barat direncanakan beroperasi mulai pekan depan. ILUSTRASI/FOTO PIXABAY --

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota METRO akna memaksimalkan bus sekolah. Pasalnya, saat ini bus sekolah yang ada belum beroperasi seluruhnya.

Kepala Disdikbud Kota Metro Suwandi mengatakan, Disdikbud Kota Metro memiliki tiga bus sekolah untuk antar dan jemput anak sekolah. Namun, dari tiga bus tersebut hanya dia yang beroperasi.

“Kita ada tiga bus sekolah. Hanya dia yang digunakan. Karena belum bisa beroperasi secara maksimal. Terlebih, membutuhkan biaya operasional yang cukup banyak,” ujarnya.

Karena itu, banyak pelajar yang memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama sepeda motor untuk pergi ke sekolah.

BACA JUGA:Buaya Kembali Muncul di Pesisir Bandar Lampung, BPBD Sampaikan Ini ke Masyarakat

“Kondisi ini pastinya sangat mengkhawatirkan. Karena bisa memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas. Karena itu, kita akan maksimalkan lagi bus sekolah ini,” katanya. 

Ia menuturkan, pihaknya akan maksimalkan penggunaan bus sekolah di tahun 2023 mendatang untuk antar jemput pelajar di Kota Metro.

"Memang, untuk jumlah bus sekolah kita sangat minim. Sedangkan, jumlah sekolah ada 47 SD negeri dan swasta. Kemudian untuk SMP ada 28 sekolah negeri dan swasta. Dan itu yang nanti menjadi sasaran kita," jelasnya.

Sementara itu, pelaksana tugas Kepala Dinas Perhubungan Kota Metro Zulfikri menambahkan, terkait penyediaan bus antar sekolah, pihaknya berencana akan menggandeng pihak ketiga untuk melancarkan beroperasinya bus sekolah. Serta menekan jumlah pelajar yang menggunakan kendaraan pribadi untuk ke sekolah.

BACA JUGA:Pimpin Apel Terakhir, Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus dan Wabup Mad Hasnurin Minta Maaf

"Saya sudah memprogramkan. Jadi tahun depan akan bekerjasama dengan Damri Koridor Selatan dan Timur untuk memberikan layanan antar jemput sekolah. Semoga langkah ini juga bisa mengurangi tingkat pemakaian transportasi roda dua oleh para pelajar," pungkasnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: