RMD Header Detail

Poskamling Diaktifkan, Minimalisir Tindak Kriminal

Poskamling Diaktifkan, Minimalisir Tindak Kriminal

Kapolres Metro Polda Lampung AKBP Yuni Iswandari Yuyun. Foto Ruri/radarlampung.co.id--

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Kepolisian Resor (Polres) METRO Polda Lampung meminta masyarakat untuk rutin mengaktifkan pos keamanan lingkungan (poskamling). Pasalnya, keberadaan Poskamling dinilai sebagai upaya untuk menjaga keamanan dan kerukunan.

Kapolres Metro Polda Lampung AKBP Yuni Iswandari Yuyun mengatakan, ronda yang kerap dilaksanakan masyarakat di sekitar lingkungannya, dapat menjadi upaya pencegahan aksi kejahatan malam yang sering terjadi menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Kami jajaran Polres Metro berterima kasih kepada Pak Lurah, RW, dan RT serta masyarakat yang telah menghidupkan poskamling. Saya sangat senang sekali poskamling di Kota Metro ini aktif,” kata Kapolres.

AKBP Yuni juga mengajak masyarakat untuk bersama menjaga kondisi lingkungan sekitar kediamannya. 

Sebab, menurutnya, tindak kriminal bisa terjadi di mana saja. Sehingga, hidupnya poskamling bisa menjadi langkah meminimalisir aksi kriminal di lingkungan tersebut.

“Selain untuk menjaga kamtibmas, poskamling juga sebagai perekat hubungan silaturahmi antarwarga RT. Artinya, yang bertugas ronda di poskamling ini harus bergantian,” ujarnya.

Selain itu, sinerigitas antara TNI- Polri juga diperlukan dalam menciptakan situasi yang aman dan dapat menekan tingkat kriminalitas di Kota Metro. Di mana, sinergitas TNI-Polri ditunjukkan dengan melakukan patroli malam bersama-sama guna menjaga situasi Kamtibmas tetap aman dan kondusif serta sebagai ajang guna meningkatkan soliditas TNI dan Polri.

“Harus cermati situasi kamtibmas. Kita harus melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab yang besar. Jadi kita bersama-sama menjaga Kota Metro ini agar tercipta aman, damai dan sejuk,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: