Kisah Ibu Termuda di Dunia, Gadis Cantik Asal Peru yang Melahirkan Anak di Usia 5 Tahun

Kisah Ibu Termuda di Dunia, Gadis Cantik Asal Peru yang Melahirkan Anak di Usia 5 Tahun

Potret Lina Medina, Gadis asal Peru yang tercatat sebagai Ibu termuda di dunia. (foto/Allthatsinteresting)--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Menjelang perayaan hari Ibu nasional yang kerap kali diperingati di Indonesia setiap tanggal 22 Desember. hari Ibu yang ditetapkan dalam Kongres Perempuan Indonesia yang ketiga.

Kongres Perempuan Indonesia III dilaksanakan di Bandung pada 23 sampai 28 Juli 1938 dan dipimpin oleh Ny Emma Puradireja.

Dalam Kongres Perempuan Indonesia, para tokoh perempuan Indonesia seperti Ny Emma Puradireja dan Ny Maria Ulfah memiliki peran penting dalam kehidupan berorganisasi yang memperjuangkan hak perempuan.

Para tokoh perempuan Indonesia tersebut ikut berperan penting dalam Kongres Perempuan Indonesia yang ke-3, di mana dalam kongres tersebut disetujui RUU tentang perkawinan modern sehingga disepakati bahwa setiap tanggal 22 Desember diperingati sebagai hari ibu.

BACA JUGA:Intip, 5 Destinasi Wisata Alam Lampung Barat yang Wajib Kalian Kunjungi, Nomor 3 Menguji Adrenalin

Saat itu, para tokoh perempuan Indonesia menjadi salah satu tonggak terbentuknya persatuan perempuan.

Namun dibalik perayaan yang selalu diperingati sebagai Hari Ibu Nasional di Tanah Air, tahukah kamu siapa Ibu termuda di dunia ini?

Dirangkum Radarlampung.co.id dari berbagai sumber pada Selasa, 13 Desember 2022. Sejarah mencatat bahwa seorang gadis cantik yang berasal dari Peru tercatat sebagai ibu termuda di dunia.

Lina Medina, seorang anak perempuan yang berasal dari Desa Anes Ticrapo, Peru rupanya tercatat sebagai ibu termuda di dunia. Ia melahirkan seorang anak laki-laki pada Mei 1939 silam di usianya yang masi sangat belia yakni lima tahun.

BACA JUGA:Melihat Perjuangan Hidup Siti Fatimah, Dari Buruh Pabrik Hingga Jadi Guru Besar UIN Raden Intan Lampung

Catatan sejarah yang satu ini tentunya terdengar aneh dan tidak masuk akal, namun dikutip dari laman informasi Allthatinteresting, pada awal musim semi di tahun 1939, orang tua Lina kerap memperhatikan bahwa perut putri mereka yang masih berusia lima tahun itu semakin membesar setiap harinya.

Awalnya, orang tua Lina mengira jika putri mereka memiliki tumor perut yang membesar dan khawatir bahwa pembengkakan di perut tubuh putri mereka adalah tumor.

Alhasil orang tua Lina yakni Tiburelo Medina dan Victoria Lose membawa putri kecil mereka dari rumah keluarga di Ticrapo untuk memeriksa kondisi perut Lina ke dokter.

Setelah diperiksa, hal mengejutkan ditemukan oleh dokter yang mengatakan bahwa putri mereka, Lina Medina sedang dalam kondisi hamil tujuh bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: