Cara Unik Orang Tiongkok Kuno Dalam Mendeteksi Gempa dengan Bejana Perunggu yang Antik, Yuk Simak

Cara Unik Orang Tiongkok Kuno Dalam Mendeteksi Gempa dengan Bejana Perunggu yang Antik, Yuk Simak

Bejana Perunggu, Alat Pendeteksi Gempa Bumi Zaman Tiongkok Kuno. (Foto.Dok/Ancient Origins)--

RADARLAMPUNG.CO.IDGempa bumi merupakan guncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi secara tiba-tiba pada bagian litosfer bumi dan menimbulkan gelombang seismik.

Guncangan yang terjadi biasanya dapat menimbulkan dampak negatif diantaranya kerusakan fasilitas umum dan infrastruktur, menelan korban jiwa, kerugian ekonomi hingga menimbulkan trauma bagi para korban.

Bukan hanya bagi masyarakat modern seperti sekarang tapi sejak dulu bencana alam, gempa bumi ini tentunya telah lama menghantui orang-orang di muka Bumi ini.

Meski belum memiliki teknologi dan ilmu yang mendalam soal gempa bumi, namun orang-orang Tiongkok kuno rupanya pernah menciptakan perangkat yang akurat dalam mendeteksi gempa bumi.

BACA JUGA:UPDATE Harga BBM Hari Ini 20 Desember 2022, Untuk Pertalite, Solar, dan Pertamina Dex

Demikian dilansir Radarlampung.co.id dari laman informasi sejarah Ancient Origins pada Selasa, 20 Desember 2022.

Sosok pertama yang menciptakan perangkat akurat dalam mendeteksi gempa bumi dari jarak jauh adalah Zhang Heng.

Zhang menciptakan alat tersebut guna mewaspadai bencana alam yang terjadi dan menimpa kekaisaran yang berkuasa pada masa itu.

Alat pendeteksi gempa bumi yang diciptakannya pun tidak sembarangan, karena dinilai mampu mendeteksi guncangan daratan meskipun tidak berada di lokasi perangkat tersebut.

BACA JUGA:Buron Kasus Penipuan dan Penggelapan Melapor Jadi Korban Lakalantas ke Polres Pringsewu, Ini yang Terjadi

Zhang menciptakan alat pendeteksi gempa bumi berupa bejana perunggu raksasa yang menyerupai bentuk cerek dengan diameter sekitar 1,8 meter.

Uniknya, untuk menandai arah kompas utama terdapat delapan ukiran naga yang meliuk-liuk menghadap ke bawah di sepanjang bagian luar larasnya.

Kemudian disetiap ukiran naga tersebut, terdapat bola perunggu kecil dan di bawah naganya terdapat delapan ukiran kodok perungu dengan mulut lebar menganga untuk menerima bola.

Dalam perangkat alat pendeteksi gempa yang diciptakan Zhang, termasuk juga pin vertikal yang melewati slot di engkol, perangkat penangkap, poros pada proyeksi, selempang yang menahan pendulum, dan sambungan untuk selempang, serta batang horizontal yang menopang pendulumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: