Bupati Tanggamus Tekankan Pentingnya Eksistensi Perempuan Dalam Berbagai Sektor Pembangunan

Bupati Tanggamus Tekankan Pentingnya Eksistensi Perempuan Dalam Berbagai Sektor Pembangunan

Peringatan Hari Ibu di lapangan Pemkab Tanggamus, Kamis 22 Desember 2022. FOTO DISKOMINFO TANGGAMUS --

TANGGAMUS, RADARLAMPUNG.CO.ID - Peringatan Hari Ibu diharapkan menyadarkan perempuan Indonesia masa kini bahwa mereka memiliki akses dan kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk memperoleh sumber daya. Seperti akses terhadap ekonomi, politik, sosial, dan sebagainya.

Hal ini disampaikan Bupati Dewi Handajani dalam upacara peringatan Hari Ibu di lapangan Pemkab Tanggamus, Kamis 22 Desember 2022. 

Hadir dalam upacara tersebut, Wakil Bupati AM Syafe'i , Forkopimda, asisten, ketua TP PKK, Ketua DWP, ketua organisasi wanita di Tanggamus dan lainnya. 

Bupati Dewi Handadjani menyampaikan, Hari Ibu lahir dari pergerakan perempuan Indonesia yang diawali dengan Kongres Perempuan pertama pada 22 Desember 1928 di Yogyakarta.

Peristiwa tersebut telah mengukuhkan semangat dan tekad bersama yang menandai tonggak perjuangan perempuan Indonesia dalam mengambil peran di setiap derap pembangunan Indonesia. 

Tema sentral pembahasan dalam Kongres Perempuan tersebut adalah memperjuangkan hak perempuan dalam perkawinan, melawan perkawinan dini, poligami dan pendidikan perempuan.

Hakikat peringatan Hari Ibu setiap tahunnya adalah mengingatkan seluruh rakyat Indonesia. Terutama generasi muda akan arti dan makna Hari Ibu sebagai sebuah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia. 

Oleh sebab itu, sebagai apresiasi atas gerakan yang bersejarah tersebut, peringatan Hari Ibu ditetapkan setiap tanggal 22 Desember sebagai hari nasional.

Peringatan Hari Ibu pada akhrinya memberikan keyakinan yang besar bahwa perempuan akan mampu meningkatkan kualitas hidupnya serta mengembangkan segala potensi dan kemampuan sebagai agen penggerak atau agent of change.

”Sekali lagi, mari kita suarakan bersama. Perempuan Berdaya Indonesia Maju. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa berkenan melimpahkan taufik dan hidayah-Nya agar kaum perempuan di Indonesia selalu diberkahi dalam berperan aktif untuk turut membangun Indonesia yang maju, sejahtera, demokratis, dan berkeadilan. Saya ucapkan selamat merayakan Hari Ibu untuk perempuan Indonesia,” kata Dewi Handajani.

Usai upacara, Bupati Tanggamus menyerahkan secara simbolis piala P3KSS pemenang tingkat provinsi. Dilanjutkan acara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bahagia. (rls)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: