Wajib Diketahui, Berikut 20 Nama Pelabuhan yang Ada di Provinsi Lampung

Wajib Diketahui, Berikut 20 Nama Pelabuhan yang Ada di Provinsi Lampung

List of 20 Names of Ports in Lampung Province.--dikutip dari Radar Lampung

RADARLAMPUNG.CO.ID – Lampung adalah sebuah Provinsi di bagian paling selatan Sumatera yang memiliki garis laut pada bagian timur, selatan dan barat. Oleh karena itu, provinsi ini memiliki beberapa pelabuhan yang tersebar di berbagai lokasi yang ada di penjuru Lamung.

Dari berbagai nama Pelabuhan yang terdapat di Provinsi Lampung, mungkin selama ini kita mungkin hanya tahu satu yang begitu terkenal, yaitu Pelabuhan Bakauheni yang memiliki tujuan penyeberangan ke Merak Banten. Orang-orang yang mau ke pergi ke Pulau Jawa, biasa menyeberang lewat pelabuhan ini.

Namun, ternyata masih ada banyak pelabuhan-pelabuhan lain yang terdapat di Provinsi Lampung dengan berbagai tujuan penyeberangan, termasuk ke Jakarta dan Surabaya.

Berikut daftar nama-nama pelabuhan yang terdapat di Lampung

 BACA JUGA:Super Keren, Berikut 25 Link Twibbon Tahun Baru 2023 Terbaru yang Hanya Tinggal Hitungan Hari

1. Pelabuhan Bakauheni

Pelabuhan Bakauheni ini terletak di bagian paling selatan Pulau Sumatera terletak di Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Pelabuhan ini adalah pelabuhan penyebrangan paling terkenal di Lampung, karena menghubungkan dua pulau besar yakni Pulau Sumatera dan Pulau Jawa.

Penyeberangan Merak Bakauheni adalah jalur bagi distribusi logistik antar dua pulau.

2. Pelabuhan Panjang Lampung

Pelabuan Panjang termasuk salah satu pelabuhan terbesar di Provinsi Lampung, pelabuhan Panjang ini Terletak di Kecamatan Panjang, Kota Bandar Lampung, pelabuhan ini memiliki 3 terminal spesialisasi berdasarkan jenis barang yaitu:

BACA JUGA:Langsung Cair, Pemerintah Berikan Dana Gratis Rp 1,2 Juta Untuk Driver Ojol

- Terminal Multipurpose

- Terminal Petikemas

- Terminal Curah Kering

Pelabuhan ini memiliki alur sepanjang 6 mil dengan kedalaman mencapai -14 mLWS sedangkan kedalaman di bibir dermaga secara keseluruhan mencapai 1.623m. 

Beberapa waktu yang lalu, pelabuhan ini pernah melayani penyeberangan dari Panjang menuju Jakarta dan Surabaya. 

3. Pelabuhan Tarahan

Pelabuan utama yang ada di Provinsi ini adalah Bakauheni dan Panjang selebihnya adalah pelabuhan kecil yang banyak digunakan oleh nelayan.

 BACA JUGA:25 Bocoran Soal Seleksi PPS Pemilu 2024, Lengkap dengan Jawaban (Jilid 1)

Pelabuhan dermaga nelayan yang pertama adalah Pelabuhan Tarahan terletak tidak jauh dari Pelabuhan Panjang, tepatnya di Tarahan perbatasan antara Lampung Selatan dengan Bandar Lampung. 

4. Pelabuhan Canti

Pelabuhan Canti ini memiliki fungsi untuk penyebrangan ke Pulau Sebesi, Pulau Sebuku, lalu lanjut ke anak Gunung Krakatau, bisa lewat Dermaga Canti. 

Dermaga ini menjadi jalur penyeberangan utama untuk ke Pulau tersebut wisatawan juga kebanyakan menyeberang dari dermaga ini. 

Lokasinya  pelabuhan ini berada di Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan.

5. Dermaga Bom Kalianda

Di Kalianda, kita bisa menemukan juga pelabuhan tempat berlabuh kapal-kapal nelayan namanya Dermaga Bom.

 BACA JUGA:Link Contoh Soal Tes CAT PPS Pemilu 2024 Lengkap dengan Kunci Jawaban, Segera Download Sekarang

Tempat ini jadi tempat nongkrong asyik dan juga menikmati beragam kuliner khas Lampung Selatan lokasinya tidak jauh dari pusat kota Kalianda.

6. Pelabuhan Perikanan Lempasing Telukbetung

Masih belum jauh dari Panjang, ada pelabuhan pasar ikan Teluk Betung terletak di Kecamatan Teluk Betung Barat, Kota Bandar Lampung.

Tempat ini bisa menjadi sarana pendidikan dan juga kita bisa melakukan penelitian terkait dengan kelautan dan perikanan, serta kita bisa mendapatkan ikan segar di sana.

7. Pelabuhan Ketapang

Jalan dari Lempasing ke arah Padang Cermin, kita akan menemukan Dermaga Ketapang dermaga ini merupakan penyeberangan utama menuju Pulau Pahawang Lampung.

 BACA JUGA:Unique! Dubai Will Have the World's First Supermodel Robot Cafe in 2023

Jika kita akan pergi ke Pulau Pahawang kita bisa melewat Pelabuhan ini karena pelabuhan terebut yang paling ramai dilewati. 

8. Pelabuhan Batu Balai Kota Agung

Pelabuhan besar lainnya di Lampung adalah Bata Balai terletak di Pekon Ketapang, Kecamatan Limau, Tanggamus. 

Dermaga ini menjadi salah satu dermaga alternatif penyeberangan selain Bakauheni sayangnya, hingga kini memang tidak terlalu maju perkembangan pembangunannya.

Dan namanya juga tidak setenar seperti Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Panjang. 

9. Pelabuhan Krui

Di Pesisir Barat, nama pelabuhan yang cukup terkenal adalah Pelabuhan Krui, Pelabuhan ini juga merupakan pelabuhan bagi nelayan. Melalui pelabuhan ini, kita dapat menyeberang ke Pulau Pisang, salah satu pulau indah yang  terkenal di kalangan wisatawan.

 BACA JUGA:Jangan Sampai Jadi Korban, Ini Cara Mudah Menguak Kebohongan Teknologi Deepfake

Selain dapat mengunjungi Pelabuhan Krui, kita juga bisa wisata ke Labuhan Jukung dan pantai-pantai cantik lainnya yang ada di Pesisir Barat. 

10. Pelabuhan Labuhan Maringgai Lampung Timur

Pelabuhan lain yang cukup terkenal  di Lampung Timur adalah Labuhan Maringgai yang terletak di Kabupaten Lampung Timur lokasi tepatnya beraada di Jl. Raya Kuala Labuhan, Kec. Labuhan Maringgai, Kab. Lampung Timur, Lampung.

Pelabuhan Perikanan Pantai ini menjadi tempat nelayan meletakan perahunya saat selesai bernelayan.

Dengan luasnya wilayah pantai yang dimiliki Provinsi Lampung, maka tak heran jika kita jumpai banyak dermaga-dermaga kecil di sana. 

Tentunya sangat banyak pelabuhan-pelabuhan kecil tempat perahu nelayan berlabuh Beberapa pelabuhan lainya yang ada di Provinsi ini di antaranya ada:

 BACA JUGA:Perusahaan Kripto FTX Bangkrut, Seluruh Tabungan Pria Ini Nyangkut, Nilainya Mencapai Rp 9 Miliar

1. Pelabuhan Legundi

2. Pelabuhan Bengkunat

3. Dermaga Tembakak Pesisir Barat

4. Pelabuhan Kawat Pesisir Barat

5. Pelabuhan Mesuji

6. Pelabuhan Way Batang Pesisir Barat

7. Pelabuhan Pekon Balam Taman Wisata Rhabekh Indah Pesisir Barat

8  Pelabuhan Kuala Dente Teladas

9. Pelabuhan Way Teluk Pesisir Barat

10. Pelabuhan Pemancar Pesisir Barat (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dikutip dari berbagai sumber