Dana Desa Lampung Timur Tahun 2023 Turun Rp 16 M, Tapi…

Dana Desa Lampung Timur Tahun 2023 Turun Rp 16 M, Tapi…

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pesawaran segera akan mengajukan pencairan penghasilan tetap (Siltap) aparatur desa periode Mei - Juni. ILUSTRASI/FOTO PIXABAY.COM--

LAMPUNG TIMUR, RADARLAMPUNG.CO.ID - Alokasi dana desa untuk Lampung Timur pada 2023 menurun. Tahun ini hanya mendapatkan Rp 263 miliar. Sementara di 2022 menerima Rp 279 miliar. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lampung Timur Yudi Irawan mengatakan, alokasi dana desa tahun ini menurun Rp 16 miliar.

Untuk mekanisme penyaluran DD masih sama. Yaitu, dilaksanakan tiga tahap. Tahap pertama dan kedua masing-masing 40 persen serta 20 persen tahap ketiga. 

Perbedaannya, pada tahun 2022 ada kewajiban bagi desa penerima DD untuk mengalokasikan anggaran sedikitnya 40 persen dari total DD untuk program perlindungan sosial berupa bantuan langsung tunai (BLT). 

BACA JUGA: Catat, Ini 5 Penyebab Peserta Tidak Lolos Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 48, Nomor 3 Paling Sering!

BACA JUGA: Gabungan Polda Lampung-Polres Tulangbawang Barat Tangkap Penembak Anggota PSHT, Ternyata Gunakan Senjata Ini

Sedangkan, tahun 2023, pengalokasian anggaran untuk BLT DD paling sedikit 10 persen. Itu dengan pertimbangan mulai membaiknya penyebaran Covid-19. Kemudian, paling sedikit 20 persen untuk program ketahanan pangan. 

Yudi menuturkan, saat ini penyaluran dana desa tahap pertama tahun 2023 masih dalam proses. 

"Diupayakan, Januari ini DD tahap pertama dapat tersalurkan. Itu dengan catatan persyaratan terpenuhi," sebut Yud, Senin 2 Januari 2023.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur telah menyelesaikan penyalurkan dana desa (DD) tahap tiga tahun 2022.

BACA JUGA: It Turns Out That GrabCar Can be Rented Daily; These are the Terms and Conditions

BACA JUGA: Ternyata GrabCar Bisa Disewa Harian, Ini Syarat dan Caranya

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Yudi Irawan menjelaskan, tahun 2022, Lampung Timur mendapat alokasi DD sebesar Rp 279 miliar. Itu disalurkan kepada 264 desa yang tersebar di 24 kecamatan.

Dari 264 desa tersebut, hingga berakhirnya tahun 2022, ada dua desa yang tidak dapat mencairkan DD tahap 3. Masing-masing satu desa di Kecamatan Way Jepara dan Waway Karya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: