Tahun Ini Kuota Haji Diprediksi Full Kuota, Daftar Tunggu Lampung Sampai 20 Tahun

Tahun Ini Kuota Haji Diprediksi Full Kuota, Daftar Tunggu Lampung Sampai 20 Tahun

Kanwil Kemenag Agama Provinsi Lampung, Pujo Raharjo--

RADARLAMPUNG.CO.ID-Pemerintah pusat telah mengumumkan tahun ini kuota haji di mana untuk angka nasional mencapai 220 ribu kuota.

Karenanya, Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Agama Provinsi Lampung menargetkan full kuota pemberangkatan pada tahun ini.

Hal ini disampaikan Kepala Kanwil Kemenag Agama Provinsi Lampung, Puji Raharjo pada Senin, 9 Januari 2022 di kantornya.

"Alhamdulillah tahun ini pemerintah sudah mengumumkan kuota haji 2023 ini normal, di mana untuk angka nasional mencapai 220 ribu. Tentunya ini membahagiakan bagi kita semua," kata Pujo.

BACA JUGA:Ini Tips Amankan Mobile Banking saat HP Hilang Agar Saldo Tetap Aman!

Dia mengatakan dengan adanya kuota normal yang sudah diumumkan pemerintah, maka Provinsi Lampung ditargetkan bisa memberangkatkan kuota normal dengan kuota kurang lebih 7000 calon jemaah haji.

"Untuk Lampung prioritas nya itu untuk yang tertunda pada 2020 berangkat pada 2022, namun jumlahnya hanya setengah dari kuota normal. Kuota normal kita kan 7000, tapi 2022 kemarin yang berangkat hanya 3000an karena keterbatasan kuota dari pemerintah," katanya.

Karenanya untuk tahun 2023 ini, yang berangkat adalah sisa kuota yang belum berangkat pada 2020 termasuk yang sempat tidak bisa berangkat karena keterbatasan usia dan sebagian pada 2021. Hal ini membuat daftar antrian haji mundur 2 tahun dari perkiraan sebelumnya.

"Jadi ya karena selama dua tahun mulai 2020 dan 2021 tidak ada pemberangkatan haji, maka mundur dua tahun (antrian haji). Untuk kursinya juga belum ditentukan, hanya nanti pasti by sistem dan Insya Allah tidak akan mengecewakan siapapun," katanya.

BACA JUGA:Jangan Lewatkan Insentif Rp 4,2 Juta! Ini Cara Terbaru Daftar Kartu Prakerja Gelombang 48

sementara daftar tunggu normal, disebut Pujo jika dilihat dari aplikasi Siskohat, yang merupakan sistem yang mengatur semua data dan informasi penyelanggara haji Indonesia, daftar tunggu untuk Lampung antara 15 sampai 20 tahun.

"Tentunya dengan jumlah penentuan kuota per tahunnya normal itu 7000 kuota ya. Dengan jumlah kuota per tahunnya jika tidak ada pengurangan maka antrian sesuai Siskohat itu Lampung 15 sampai 20 tahun," katanya.

Namun jumlah ini bisa saja berkurang jika kuota dari pemerintah terus bertambah. "Untuk Lampung tahun 2023 sekitar 7000an orang, semoga bisa sampai angka 8000an karena disamping normal juga kemungkinan akan ada penambahan semoga ini jadi berita gembira. Dan bisa memperpendek daftar antriannya juga," katanya.

Sementara menunggu daftar kursi dan penetapan kuota haji di Lampung, masyarakat yang masuk antrian sebelumnya dan belum berangkat Untuk mempersiapkan diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: