Ada Kuota 30 Persen Disiapkan untuk Anggota PKD Perempuan

Ada Kuota 30 Persen Disiapkan untuk Anggota PKD Perempuan

Ilustrasi Pemilu 2024.--

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota METRO siapkan kuota untuk anggota perempuan panitia Pengawas Pemilu Kelurahan (PKD) se-Kota METRO. Pasalnya, Bawaslu kembali membuka pendaftaran panitia Pengawas Pemilu Kelurahan. 

Kuota 30 persen disiapkan untuk anggota perempuan panitia Pengawas Pemilu Kelurahan (PKD) yang mendaftar.

BACA JUGA:Puting Beliung Terjang Penawar Tama Tulang Bawang, Puluhan Rumah dan Fasum Rusak

Ketua Bawaslu Kota Metro Mujib melalui Divisi Hukum dan Pencegahan Partisipasi Masyarakat (Parmas) Hendro Hadi Saputro, menuturkan, untuk tahapan Pemilu 2024, Bawaslu membuka pendaftaran PKD yang dimulai sejak 14 sampai 19 Januari.

"Jadi sesuai dengan ketentuan dalam rekrutmen PKD ini, pendaftaran tetap memperhatikan keterwakilan perempuan. Setidaknya 30 persen di setiap tahapan,” ujarnya.

BACA JUGA:Anak Tetangga Dicabuli Dua Kali, Terungkap Korban Sakit Perut

Di mana, jumlah PKD yang akan diambil sebanyak 22 orang untuk 22 kelurahan. Artinya setiap kelurahan akan ada satu orang PKD yang direkrut melalui Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

Dijelaskan Hendro, pembentukan PKD tersebut sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Diperkuat dengan Keputusan Bawaslu RI Nomor : 5/KP.01/K1/01/2023, tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan PKD pada Pemilu Serentak 2024.

BACA JUGA:Rusaknya Jalan Penghubung Pekon Dapat Perhatian Anggota DPRD Tanggamus

Sementara itu, Anggota Panwascam Kecamatan Metro Timur, Fatah Yasin, mengatakan, untuk di Metro Timur, ada beberapa warga yang berminat mendaftar dan mengambil formulir pendaftaran.

"Sementara ini yang sudah mengambil formulir di Sekretariat Panwascam ada 6 orang. Baru satu orang yang mengembalikan formulirnya," tandasnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: