Ini Jumlah Mahasiswa Baru yang Akan Diterima UIN RIL Tahun Akademik 2023/2024 Berikut Jadwal Pendaftarannya

Ini Jumlah Mahasiswa Baru yang Akan Diterima UIN RIL Tahun Akademik 2023/2024 Berikut Jadwal Pendaftarannya

Ini Jumlah Mahasiswa Baru yang Akan Diterima UIN RIL Tahun Akademik 2023/2024 Berikut Jadwal Pendaftarannya--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL), akan menyediakan kuota sebanyak 6 ribu kursi untuk mahasiswa baru strata-1 (S1) tahun akademik 2023/2024.

Jumlah tersebut, akan terbagi menjadi enam skema seleksi penerimaan yaitu jalur Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Kemendikbudristekdikti.

Seleksi ini, terbagi tiga skema, yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan skema Mandiri.

Untuk jalur SPAN-UM PTKIN Kemenag juga terbagi menjadi tiga skema yaitu SPAN-PTKIN, UM PTKIN dan UM Mandiri.

BACA JUGA:KPU Ajukan Model Penataan Dapil jika Jumlah Kursi Turun di DPRD Lampung

Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof. Wan Jamaluddin Z, M.Ag.,PhD., mengatakan, jumlah tersebut sesuai dengan daya tampung yang dimiliki saat ini.

"Untuk tahun ini daya tampung kami sebanyak 6.000 orang, Insha Allah untuk tahun-tahun mendatang akan ada penambahan sesuai dengan adanya gedung-gedung kuliah yang baru,” jelasnya.

Rektor berharap dengan penambahan kuota mahasiswa baru nantinya akan dapat meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) Perguruan Tinggi di Lampung yang tahun ini baru mencapai 21,48% (data BPS).

Selain itu Prof. Wan  juga bersyukur karena tahun ini UIN Raden Intan Lampung sudah bisa menerima mahasiswa baru melalui jalur SNPMB Kemendikbudristekdikti.

BACA JUGA:Biaya Perjalanan Ibadah Haji 2023 Diusulkan Naik Jadi Rp 69 Juta, Ini Kata Kemenag

"Alhamdulillah tahun ini kita (UIN Raden Intan Lampung) sudah bisa menerima mahasiswa baru melalui jalur SNPMB Kemendikbudristekdikti untuk dua prodi umum, yaitu Prodi Sistem Informasi dan Prodi Biologi," ungkapnya.

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Raden Intan Lampung, Prof. Alamsyah, M.Ag., menambahkan, untuk tahun ini kuota yang akan diterima dari jalur SNPMB hanya sebanyak 60 orang untuk 2 program studi, sedangkan untuk jalur SPAN-UMPTKIN sebanyak 5.940 orang untuk 32 program studi yang ada di UIN RIL.

Prof Alam juga mengatakan bahwa jalur pertama yang akan dibuka adalah jalur SNBP yang sudah dimulai dengan pengisian PDSS sejak 9 Januari sampai dengan 9 Februari 2023, adapun jadwal lengkapnya dalah sebagai berikut:

1. Pengisian PDSS oleh sekolah tanggal 9 Januari 2023- 9 Februari 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: