453 PPS Tulang Bawang Resmi Dilantik, Begini Pesan Ketua KPU dan Pj Bupati

453 PPS Tulang Bawang Resmi Dilantik, Begini Pesan Ketua KPU dan Pj Bupati

RADARLAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 453 anggota panitia pemungutan suara (PPS) pada Pemilu Tahun 2024 di Kabupaten Tulang Bawang mendatang resmi dilantik.

Ketua KPU Tulang Bawang Reka Punnata mengatakan, para PPS akan bertugas di setiap kampung dan kelurahan. Tiga orang anggota PPS akan bertugas di sana.

Para PPS diharapkan dapat bekerja secara sungguh-sungguh sesuai dengan tahapan dan program-program yang telah ditetapkan oleh KPU RI.

Sebab, kata Reka, sebagai pelaksana kegiatan para PPS hanya mengikuti aturan yang telah ditetapkan KPU RI, sehingga tidak boleh membuat aturan tersendiri.

 

Selain itu, para anggota PPS diharapkan juga dapat segera mengerti wilayah dan pemetaan mata pilih.

Reka menerangkan, anggota PPS harus mengerti kewenangan dan kewajiban masing-masing sebagai anggota.

"Yang pasti dan paling utama, PPS harus netral, cakap dan mandiri saat bekerja," pesan Ketua KPU saat melantik dan mengambil sumpah janji para anggota PPS di Aula Masjid Baiturrahman, Islamic Center Tulang Bawang, Menggala, Selasa 24 Januari 2023.

Diketahui, dari 453 jumlah anggota yang dilantik dan diambil sumpah janjinya, 360 orang terdiri dari pria dan 93 orang sisanya merupakan wanita.

 

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Tulang Bawang Qudrotul Ikhwan berharap, dengan terbentuknya PPS ini dapat semakin mensukseskan pemilihan umum tahun 2024 di Kabupaten berjuluk Sai Bumi Nengah Nyappur tersebut.

Selain itu, dengan adanya para anggota PPS dapat memastikan tahapan-tahapan dapat berjalan secara efektif dan tepat waktu.

Qudrotul menyampaikan jika anggaran pemilihan umum bersumber dan akan dilaksanakan oleh pusat.

Namun, pemerintah daerah juga akan membantu dalam menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan dalam proses Pemilu 2024 mendatang. Baik itu personel, maupun peralatan termasuk pendampingan biaya tambahan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: