Begini Pesan Kemensos Soal Pencegahan Kekerasan terhadap Anak

Begini Pesan Kemensos Soal Pencegahan Kekerasan terhadap Anak

Pihak Kemensos RI ketika berkunjung ke Polres Mesuji. Foto Ardian Mukti--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Kasus kekerasan seksual terhadap anak masih sering terjadi di dalam masyarakat. Kasus terbaru yang menyita perhatian adalah kasus pencabulan yang terjadi di Kecamatan way Serdang Kabupaten Mesuji yang terjadi beberapa waktu lalu.

Menurut Direktur Rehabilitasi Sosial Anak Kemensos, Kanya Eka Santi mengajak Pemerintah Daerah untuk bekerjasama dalam hal pengawasan dan pencegahan harus sampai ke Desa - desa. 

" Karena Progam Pencegahan dan pengawasan itu merupakan hal yang mendasar," katanya kepada radarlampung.co.id Selasa 24 Januari 2023. 

Menurut Kanya Eka Santi Kementerian sosial (Kemensos) mempunyai program komunitas peduli anak yang sampai ke desa desa yakni saling peduli antar tetangga. 

Kita lihat jarak di Mesuji lokasi tetangga cukup jauh hal itu cukup rentan sekali ketika anak itu menjadi korban kekerasan fisik, Kekerasan psikis, dan kekerasan seksual dan itu bisa saja tidak ketahuan. 

Karena itu jika komunitas itu peduli di desa desa maka akan paham dan mengerti bagaimana cara pengasuhan dan tidak meninggalkan anak begitu saja ini bisa menjadi sedikit mencegah. karena saat ini kejadian kejadian tersebut seperti gunung Es sangat darurat sekali. 

Sebab melindungi masa depan anak merupakan kewajiban semua pihak, baik Pemerintah Pusat, daerah dan masyarakat perlu ada kerja sama dalam menciptakan lingkungan yang aman agar terbebas dari segala bentuk kekerasan.

Sebab dalam mencegah kekerasan pada anak-anak perlu peran penting dari masyarakat sehingga diharapkan mereka peka terhadap situasi dan kondisi yang terjadi di wilayahnya. (*)

Sumber: