Apa Itu Server IIX? Begini Fungsi dan Kelebihannya

Apa Itu Server IIX? Begini Fungsi dan Kelebihannya

Ilustrasi foto server. Foto Pixabay--

Untuk lebih jelasnya lagi simak ulasan lanjutan mengenai indonesia internet exchange terhadap kebutuhan internet dalam negeri, manfaatnya bagi pengguna internet dan keunggulan yang dimiliki pada ulasan di bawah ini.

BACA JUGA:Bahaya! Segera Uninstal Windows 7 dan 8 Kalau Tak Mau Kena Virus, Simak Penjelasannya

Server Untuk Kebutuhan Dalam Negeri

Apa itu server IIX? dalam pengertiannya telah disebutkan sebagai hosting yang lokasinya ada di dalam negeri dan digunakan oleh asosiasi penyelenggara jasa internet Indonesia. 

Lantas apa tujuan dibuatnya server IIX?, tentu saja selain untuk memenuhi kebutuhan server dalam negeri server juga dibuat untuk mengembangkan pasar internet Indonesia.

Dalam mengembangkan pasar internet Indonesia tentu harus memenuhi beberapa persyaratan yang salah satunya adalah harus memiliki koneksi antar penyelenggara jasa internet di Indonesia. 

Hal ini bertujuan untuk memudahkan proses komunikasi antar pelanggan internet secara mudah dan murah.

Apabila tidak ada interkoneksi nasional maka lalu lintas antar provider internet masih bergantung pada interkoneksi internet dari luar negeri yang tidak dapat dikendalikan oleh penyedia layanan hosting lokal.

Indonesia internet exchange atau IIX memiliki tujuan penting yaitu membentuk jaringan interkoneksi berskala nasional yang memiliki fasilitas dan kemampuan sesuai dengan kebutuhan agar setiap penyelenggaraan internet yang sudah mengantongi izin operasi bisa menggunakannya.

BACA JUGA:Apple Bakal Modifikasi Desain iPhone 15 Usai iPhone 14 Kurang Laku di Pasaran, Simak Penjelasan Berikut

Manfaat Server IIX

Setelah mengetahui apa itu server IIX? dan apa tujuannya dibuat maka selanjutnya kamu juga perlu tahu apa saja manfaat dari Indonesia internet exchange. Berikut ini adalah manfaat IIX.yang telah dirangkum menjadi empat poin utama:

1. Indonesia internet exchange merupakan sebuah jalur alternatif yang cukup murah jika dibandingkan dengan jaringan internet dari luar negeri. Hal ini disebabkan karena server internet dari luar negeri tentu saja ingin mengambil keuntungan yang sebesar-besarnya dari adanya fasilitas tersebut

2. Solusi untuk penyedia internet lokal saat mengalami kendala koneksi internet luar negeri.

3. Indonesia internet exchange bisa memberikan insentif untuk penyedia informasi untuk meletakkan databasenya baik sebagai penyedia informasi dari dalam negeri maupun internasional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: