15 Meter Dari Rumah Warga, Kawanan Gajah "Pesta" Pisang dan Kelapa

15 Meter Dari Rumah Warga, Kawanan Gajah

Kawanan gajah memasuki Pekon Sumber Agung, Kecamatan Suoh, Lampung Barat, Senin dini hari, 30 Januari 2023. FOTO TANGKAP LAYAR --

BACA JUGA:bTotal, Lima Warga Lampung Timur Tewas Diserang Gajah liar

"Untuk pipa yang lepas itu 300 batang. Sebanyak 100 batang yang hancur diperkirakan terjadi kemarin (Minggu, 12 Juni). Kerusakan itu menyebabkan pasokan air bersih masyarakat terhenti untuk sementara," kata Hilmansyah, Senin, 13 Juni 2022. 

Dijelaskan, sumber air bersih tersebut selama ini mencukupi kebutuhan air bersih sekitar 300 kepala keluarga (KK), yang ada di Pemangku Kali Mendong Selatan, Sridadi, Pedukuhan dan Kali Mendong Utara.

"Akibat kerusakan tersebut, 300 KK yang selama ini mengandalkan sumber air bersih kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Sementara perbaikannya belum bisa kami lakukan, karena kawanan gajah tersebut masih berada di sekitar lokasi. Dikhawatirkan membahayakan masyarakat yang bekerja melakukan perbaikan," ujarnya.

Hilmansyah mengungkapkan, sumber air bersih tersebut dibangun bersumber dari dana desa (DD) dalam dua tahun anggaran. 

BACA JUGA: Dua Warga Lampung Timur Tewas Diserang Gajah Liar TNWK

Total panjang saluran air bersih yang bersumber dari Gunung Kalibata tersebut mencapai delapan kilometer. 

Diketahui, kawanan gajah liar dari Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) yang berjumlah 18 ekor kian mendekati pemukiman warga di Kecamatan Bandar Negeri Suoh, Lampung Barat.

Anggota Satgas Penanganan Konflik Gajah Suoh dan BNS Sugeng Hari Kinaryo Adi mengatakan, kelompok hewan berbelalai itu turun ke jalan raya dan memaski pedukuhan.

Sugeng menuturkan, kawanan gajah turun ke jalan sekitar pukul 03.30 WIB, Kamis 15 Desember 2022. Mereka berpencar. Sebanyak 10 ekor masuk ke Gunung Perak dan sisanya menuju pedukuhan.

BACA JUGA: Dekati Pemukiman di Suoh, Gajah Sempat Jadi Tontonan Warga

Jarak gajah dengan pemukiman di Pekon Gunung Ratu, Kecamatan Bandar Negeri Suoh hanya sekitar 350 meter. Kawanan gajah berada di jalan.

"Saat ini kawanan hewan berbelalai yang berjumlah 18 ekor itu masih berada dekat pemukiman warga. Hanya hanya berjarak 350 meter dari jalan yang diseberangi semalam," kata Sugeng, Kamis 15 Desember 2022. 

Anggota DPRD Lampung Barat ini menuturkan, sejauh ini tidak ada kerusakan terhadap sejumlah fasilitas masyarakat.

Namun kebun pisang dan kelapa milik warga rusak. Di mana, satgas memblokade kawanan gajah saat hendak mendekati rumah warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: