Pegawai Pemkab Lampung Timur Didominisi Guru

Pegawai Pemkab Lampung Timur Didominisi Guru

ILUSTRASI/FOTO PIXABAY.COM--

LAMPUNG TIMUR, RADARLAMPUNG.CO.ID - Jumlah aparatur sipil negara (ASN) di Lampung Timur masih didominasi tenaga pendidik.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Lampung Timur M. Ridwan menjelaskan, berdasar data per 31 Desember 2022, total pegawai di Lamtim sebanyak 8.599. 

Dari jumlah tersebut, sebanak 6.853 pegawai berstatus ASN, 261 CPNS dan 1.485 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPK). 

Kemudian dari 8.599 pegawai tersebut, 5.154 di antaranya merupakan tenaga guru, 1.331 tenaga kesehatan dan 2.114 adalah tenaga teknis.

BACA JUGA: Hasil Pemeriksaan, 13 Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Kota Agung Positif Narkoba

Sementara jumlah ASN yang akan pensiun tahun ini sebanyak 563. Terdiri dari 25 pejabat struktural dan 538 pejabat fungsional.  

Untuk 25 pejabat struktural yang akan pensiun, empat di antaranya pejabat eselon II. Kemudian, 12 eselon IIi dan 9 eselon IV.

“Pejabat fungsional yang pensiun sebagian besar adalah tenaga di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,” kata M. Ridwan, Rabu 1 Februari 2023. 

Dilanjutkan, berdasar data ASN yang akan pensiun tersebut, Lampung Timur bakal mengalami kekurangan pegawai. Khususnya, untuk tenaga bidang pendidikan.

BACA JUGA: 10 PTKIN Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2023, Ada Dari Pulau Sumatera

Menurutnya, saat ini wacana tentang rencana pemerintah pusat akan kembali menggelar penerimaan CPNS memang sudah beredar.

Namun, hingga saat ini Pemkab Lampung Timur belum menerima informasi resmi dari pemerintah pusat terkait rencana tersebut. Baik itu jadwal pelaksanaan maupun formasi dan alokasinya. 

"Kami masih menunggu informasi resmi dari pusat terkait penerimaan CPNS 2023," lanjut M.Ridwan. 

Menurut M. Ridwan, jika sudah ada informasi resmi dari pemerintah pusat, maka Pemkab Lampung Timur akan melakukan pendataan ulang kebutuhan pegawai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: