69.545 Alat Kontrasepsi Didistribusikan Pemkab Tulang Bawang

69.545 Alat Kontrasepsi Didistribusikan Pemkab Tulang Bawang

Kepala Dinas PP dan KB Tulang Bawang Hamami Ria-Dokumentasi -

RADARLAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 69.545 alat kontrasepsi telah didistribusikan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Tulang Bawang sepanjang tahun 2022.

Puluhan ribu alat kontrasepsi tersebut terdiri dari IUD sebanyak 650 buah, implan 2.950 vial, pil sebanyak 34.200 cycle, suntikan sebanyak 31.500 vial dan kondom sebanyak 245 gross.

Kepala Dinas PP & KB Khamami Ria melalui Kepala Bidang Keluarga Berencana (KB) Mulyo Hartono mengatakan, jumlah tersebut sudah ditetapkan dari provinsi.

Penyaluran puluhan ribu alat kontrasepsi tersebut terbagi menjadi empat tahapan. Pertahapan dilakukan setiap 3 bulan sekali.

BACA JUGA:Sosok Pemuda Baik, Hingga Berencana Menikah Bulan April

"Alat kontrasepsi yang kami terima dan distribusikan merupakan hibah dari pemerintah provinsi yang kemudian disalurkan ke 32 lokasi: 20 puskesmas induk dan 12 swasta," katanya, Selasa 7 Februari 2023.

Lebih lanjut, dirinya mengungkapkan bahwa alat kontrasepsi yang banyak digunakan yaitu Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dan suntikan. "Setiap sosialisasi mengarahkan untuk menggunakan MKJP," terangnya.

"Harapan kami tentunya masyarakat dapat mendukung program pemerintah dalam mendorong program dua anak lebih baik, dengan ber KB kita dapat menekan angka stunting," tutupnya. ***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: