Catat, 4 Arah Kebijakan Pendafataran CPNS yang Ditetapkan Pemerintah

Catat, 4 Arah Kebijakan Pendafataran CPNS yang Ditetapkan Pemerintah

Suasana tes CPNS // Foto laman resmi Kemenpan RB--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah telah menetapkan empat arah kebijakan pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2023. 

Arah Kebijakan Pertama, fokus pelayanan dasar. Arah kebijakan Kedua, kebijakan memberi kesempatan rekrutmen talenta digital.

Arah Kebijakan Ketiga, merekrut Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) ​secara selektif. 

Arah Kebijakan Keempat, mengurangi rekrutmen jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital.

BACA JUGA:Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 46 47 49 Dalam Buku Tematik Pembelajaran 6 Subtema 1 untuk SD atau MI

Terlebih,.Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia  (KemenPAN RB) memastikan pemerintah berencana membuka rekrutmen penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) untuk tahun 2023 yang terdiri dari Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang diselenggarakan secara selektif dan terbatas.

Dilansir dari laman resmi Kemenpan RB, Pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2023 sedang dipersiapkan seiring dengan proses rangkaian seleksi CASN tahun anggaran 2022 rampung, mengingat proses ini masih berlangsung. Tentunya, Proses Rekrurmen CPNS 2023 berdasarkan empat arah kebijakan pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2023. 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, di Jakarta belum lama ini mengatakan, tahun ini, rekrutmen CASN melingkupi seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara selektif  termasuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Terkait formasi, Anas melanjutkan, pemerintah masih memfokuskan dengan pemenuhan kebutuhan tenaga kesehatan dan pendidikan untuk di tempatkan diberbagai wilayah.

BACA JUGA:Ini Cara Polres Lampung Timur Ajak Masyarakat Sadar Lalu Lintas

Meskipun demikian, Anas menyampaikan pemerintah juga memberi prioritas kepada talenta digital sebagai bentuk transformasi digitalisasi yang kini sedang dijalankan dalam kerangka arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). "Formasi juga akan dibuka hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis tertentu lainnya,” jelas Anas.

Dari pernyataan diatas, dapat disimpulkan bahwa Lulusan bidang Kesehatan dan Pendidikan  masih paling banyak dibutuhkan CPNS Kementerian maupun Daerah. 

Kendati demikian,  berdasarkan hasil penelusuran dari berbagai sumber, setidaknya ada 6 Rekomendasi bidang jurusan kemungkinan menjadi prioritas penerimaan CPNS 2023 berdasarkan empat arah kebijakan pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2023.

diantaranya,  Pendidikan,  Kesehatan, Komunikasi dan Digital,  Hukum, Teknik serta Manajemen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: