Iklan Bos Aca Header Detail

Pertunjukan Othello Mahasiswa Teknokrat Berjalan Sukses

Pertunjukan Othello Mahasiswa Teknokrat Berjalan Sukses

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Sejumlah mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan (FSIP) Universitas Teknokrat Indonesiamengadakan pertunjukan drama berjudul “Othello” di Gedung Kesenian Lampung, belum lama ini.

Pertunjukan drama ini merupakan luaran mata kuliah Drama Production di Program Studi Sastra Inggris dan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di semester ganjil 2022/2023.

Drama Production merupakan salah satu mata kuliah unggulan di FSIP untuk mengasah keterampilan mahasiswa dalam akting pertunjukan teater, terutama pada lakon berbahasa Inggris.

Selain itu, Drama Production menjadi mata kuliah favorit mahasiswa karena mereka mendapatkan kesempatan untuk mengeksplorasi ide, tampil di depan khalayak penonton, dan memerankan suatu tokoh.

BACA JUGA:Strategi Hybrid Bank BRI Mengantarkan Nasabah Menempuh Perjalanan Transformasi Digital

Kali ini, dosen pengampu mata kuliah Drama Production, Dina Amelia, M.Hum. dan Ketua Program Studi Sastra Inggris, Suprayogi, M.Hum. sepakat untuk memilih naskah klasik “Othello” karya William Shakespeare.

Tujuannya, memberikan pengalaman mahasiswa maupun penonton tentang kehidupan masyarakat Eropa pada zamannya, sehingga memberikan pengalaman pertunjukan bernuansa luar negeri.

Berkolaborasi dalam Praktisi Mengajar Mata Kuliah Drama Production semester ini berhasil menembus Hibah Praktisi Mengajar (PM) Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemdikbudrsitek Republik Indonesia, di mana pemerintah mendanai praktisi di bidangnya secara penuh mengajar di perguruan tinggi.

Dina Amelia berkolaborasi dengan maestro teater Indonesa, yakni Iswadi Pratama dari Teater Satu Lampung.

BACA JUGA:Permudah Bayar Pajak, Lamtim Luncurkan Aplikasi SIBADAK, Ini Nomor Layanannya

Mahasiswa berkesempatan untuk merasakan program kolaborasi panjang (12 kali pertemuan) bersama guru teater yang sudah berpengalaman dibimbing langsung mulai dari ekspresi, penempatan pemain, sampai dengan tata panggung.

Othello berkisah tentang seorang jendral laki-laki berkulit hitam yang memimpin Venice jatuh cinta dengan seorang perempuan berkulit putih bernama Desdemona.

Konflik terjadi ketika Othello tidak mengindahkan permintaan parlemen dan lebih memilih Cassio sebagai letnan dibandingkan Lago.

Tentu saja hal ini membuat Lago kecewa dan cemburu. Karena kecemburuannya Lago kemudian memutuskan untuk menghancurkan kebahagiaan Othello dan bekerja sama dengan seorang pemuda tampan bernama Roderigo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: