Ingin Mengadu ke Satpol PP Metro, Bisa Lewat Facebook dan Instagram

Ingin Mengadu ke Satpol PP Metro, Bisa Lewat Facebook dan Instagram

Plt Kepala Satpol PP Kota Metro Jose Sarmento. Foto Ruri/radarlampung.co.id--

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Satuan Polisi Pamong Praja Kota METRO menyiapkan layanan pengaduan masyarakat melalui media sosial. Masyarakat bisa melaporkan adanya Pedagang Kaki Lima (PKL) liar di Bumi Sai Wawai melalui akun Facebook dan Instagram resmi milik Satpol-PP Kota METRO.

Hal tersebut sebagai upaya pengawasan terhadap PKL liar yang berjualan di fasilitas umum seperti di atas trotoar, taman, dan badan jalan.

Kasat Pol PP Kota Metro Jose Sarmento mengatakan, pihaknya mengajak masyarakat untuk turut mengawasi adanya PKL liar yang berjualan di fasilitas umum.

"Kami menerima layanan pengaduan 1x24 jam. Ya itu terkait keberadaan PKL di fasilitas umum. Kami mengajak mesyarakat untuk mengawasi juga PKL liar ini," ujarnya.

BACA JUGA:DLH Pastikan Sungai di Mesuji Masih Layak untuk Habitat Ikan

Jose mengungkapkan, dari evaluasi setelah penertiban terhadap PKL liar, diperkirakan sekitar 70 persen PKL liar tersebut tidak lagi berdagang di fasilitas umum. Jose menuturkan, dari seluruh PKL liar yang ditertibkan, sebagaian besar memilih tidak lagi berjualan di sejumlah fasilitas umum.

"Dari hasil evaluasi dalam satu bulan terakhir, ada pengurangan trend PKL di fasilitas umum itu sekitar 70 persen. Yang lain itu kebanyakan PKL dari luar Metro, yang belum paham aturannya. Tapi kita tetap bergerak, dengan pendekatan humanis untuk meminta agar tidak lagi berjualam di fasilitas umum," jelasnya.

Diakuinya, lokasi untuk berjualan di Kota Metro memang terbatas. Sehingga, banyak PKL yang menggunakan fasilitas umum untuk berjualan. Namun, pihaknya meminta para pedagang dapat berjualan dengan mematuhi aturan yang ada. 

Satpol PP juga terus melakukan sosialisasi dan pendekatan persuasif untuk mengajak mereka bekerjasama. Supaya tidak lagi menggunakan fasilitas umum untuk berjualan.

BACA JUGA:Kartu Prakerja, Inovasi Digital Indonesia Jadi Pembahasan Dalam Webinar PBB

"Dari pantauan kami, kesadaran masyarakat untuk menjaga fasilitas umum sudah mulai meningkat. Ini juga untuk kepentingan semua. Bagaimana menjadikan kota Metro yang tertib indah dan dapat dinikmati," tandasnya. (*(

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: