Mentan Sebut 1,9 Juta Hektar Sawah Bakal Panen di Februari, Bantu Ketersediaan Beras Saat ini

Mentan Sebut 1,9 Juta Hektar Sawah Bakal Panen di Februari, Bantu Ketersediaan Beras Saat ini

--

RADARLAMPUNG.CO.ID-Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan stok beras bakal bertambah dengan bakal panennya 1,9 juta hektar lahan se Indonesia.

Termasuk di Lampung. Hal ini disampaikan Mentan Syahrul Yasin Limpo usai melakukan kunjungan nya di Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Provinsi Lampung, pada Sabtu, 11 Februari 2023.

"Kita akan mulai panen pada Februari 2023 ini, ada sekitar 1,9 juta hektar yang akan dipanen," katanya.

Jumlah Panen se Indonesia itu, menurut Mentan mampu menghasilkan 10 juta ton gabah. Jumlah itu setara dengan kurang lebih sekitar 6 juta ton beras.

BACA JUGA:Sekda Lantik 2 Wakil Direktur RSUDAM, Ada Mantan Kadiskes Kota Bandar Lampung

"Karenanya, dengan adanya panen tersebut kita bisa mencukupi kebutuhan beras ini. Karena panen ini juga hampir terjadi di seluruh daerah di Indonesia," katanya.

Namun Mentan enggan menjawab soal naiknya harga beras dari jenis medium hingga premium saat ini. Hal ini menurutnya merupakan peran berbagai pihak.

"Kalau harga itu bukan kami, kami yang menyiapkan ketersediaannya. Karena harga itu menyangkut berbagai pihak," katanya. 

BACA JUGA:Usulkan KH. Ahmad Hanafiah Sebagai Calon Pahlawan Nasional Asal Lampung, Dinsos Serahkan Berkasnya ke Kemensos

Selain itu, dia juga melakukan perjalanan ke beberapa provinsi guna memastikan produksi beras didaerah itu aman. "Saya memang melakukan monitoring langsung, bahkan ini provinsi ke-11 dalam 15 hari untuk memvalidasi ketersediaan beras ini," katanya.

"Dan memang, Februari Maret April itu puncak-puncak panen. Karenya itulah saya melakukan pengecekan langsung ketersediaan beras ini, termasuk yang di Lampung," katanya. 

Mentan hadir di BPP Provinsi Lampung untuk mengikuti Training of Trainer (TOT) Low Cost Precision Lampung di BPP Provinsi Farming Lampung. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: