Tangani Kemacetan, U-Trun di Bawah Flyover MBK Akan Digeser

Tangani Kemacetan, U-Trun di Bawah Flyover MBK Akan Digeser

U-Turn di bawah flyover MBK akan digeser kedepan pintu keluar SPBU.-Foto: Prima Imansyah Permana/Radarlampung.co.id-

RADARLAMPUNG.CO.ID - U-turn atau lokasi putar balik di bawah flyover Mall Bumi Kedaton (MBK) dinilai sering jadi titik kemacetan saat jam sibuk.

Itu dikarenakan area tersebut menjadi pertemuan kendaraan dari berbagai arah.

Mulai dari kendaraan dari Jl. Sultan Agung menuju Jl. Tengku Umar; dari Jl. Sultan Agung putar balik menuju Jl. Z.A Pagar Alam; juga kendaraan yang keluar dari pintu keluar Mall Bumi Kedaton.

Kemudian kendaraan dari Jl. Pagar Alam atau Jl. Tengku Umar yang handak putar balik menuju Jl. Tengku Umar atau kearah Tanjung Karang.

BACA JUGA:BNI Keluarkan Kartu TapCash Spesial NCT 127 '2 Badles'

Menindak lanjuti hal tersebut, U-turn dari Jl. Sultan Agung menuju Jl. Z.A Pagar Alam atau arah Rajabasa akan digeser.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Perhubungan Bandar Lampung Socrat Pringgodanu saat dihubungi Radarlampung.co.id, Kamis 16 Februari 2023.

Menurut Socrat, pergeseran U-Turn di bawah Flyover Mall Bumi Kedaton tersebut berdasarkan inisiatif satuan lalulintas (Satlantas) Polresta Bandar Lampung.

Di mana kata Socrat, untuk mengurangi kemacetan di beberapa titik yang ada di Bandar Lampung, Dinas Perhubungan bersama satlantas melakukan beberapa kajian.

BACA JUGA:Inovasi Transfer Cepat, Murah, Utuh dan Mudah dengan ‘Livin’ by Mandiri

Salah satunya kajian menangani kemacetan di U-turn di bawah Flyover Mall Bumi Kedaton.

"Ya U-turn kendaraan dari Jl. Sultan Agung menuju Rajabasa akan digeser sedikit ke arah Teknokrat," ujar Socrat.

Sebab, di U-Turn kendaraan dari Jl. Sultan Agung menuju Rajabasa tersebut berhadapan dengan pintu keluar kendaraan Mall Bumi Kedaton.

Akibatnya di area U-Turn tersebut mengalami penyempitan ruas jalan. Sehingga kendaraan dari Jl. Sultan Agung menuju Tanjung Karang sering tersendat.

BACA JUGA:Tok! Erick Thohir Terpilih sebagai Ketua Umum PSSI Periode 2023-2027

"Memang hal ini belum tentu menghilangkan kemacetan. Karena kemacet pasti dinamis. Tetapi paling tidak niatan ini bisa mengurangi kemacetan," ungkapnya.

Disinggung lokasi pergesaran U-Turn kendaraan dari Jl. Sultan Agung menuju Rajabasa berada di mana, Socrat menyebut berada di depan pintu keluar SPBU Jl. Tengku Umar.

Diakuinya, dengan bergesarnya U-Turn ini tentu dapat berdampak dengan laju kendaraan dari Jl.Tengku Umar yang hendak masuk ke Jl. Sultan Agung.

"Antisipasi dampak yang ada, kalau kemarin bersama lantas itu yang dari arah Tanjung Karang menuju Sultan Agung digeser sedikit ke arah teknokrat," tuturnya.

BACA JUGA:Jaga Kamtibmas, Polres Lampura dan Kodim 0412 Gelar Patroli Bersama

Begitu juga disinggung terkait kapan pergeseran U-Turn akan dilakukan, Socrat menyebut bahwa Dishub dan satlantas ingin secepatnya.

Namun, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas PU. Karena yang akan melaksanakan penutupan trotoar atau berkaitan dengan infrastruktur adalah Dinas PU.

Senada disampaikan Kabid Lalulintas Dishub Bandar Lampung Iskandar Zulkarnain. Menurutnya, untuk mengatasi kemacetan pihaknya telah melakukan beberapa pergeseran U-Turn.

Seperti U-Turn di depan Burger King Jl. Z.A Pagar Alam yang bergeser kedepan Oraqle. Begitu juga dengan U-Turn di depan Sekolah Darma Bangsa.

BACA JUGA:Resmi, Rektor Unila Lantik Empat Wakil Rektor Baru

Untuk di bawah Flyover Mall Bumi Kedaton U-Turn yang akan digeser adalah putar balik kendaraan dari arah Sultan Agung menuju Rajabasa. Sedangkan U-Turn dari Jl. Tengku Umar menuju Tanjung Karang tetap.

"Kita mundurin di belakang tiang yang ada di dekat U-Turn saat ini," ucapnya.

Terkait pergeseran U-Turn tersebut dikhawatirkan akan mengganggu kendaraan dari Jl. Tengku Umar menuju Sultan Agung, Iskandar menyebut, rencananya jalan tersebut akan dimundurkan di belakang tiang Pos Polisi.

"Belum akan kita langsung mundurin untuk akses kendaraan dari Tanjungkarang menuju Sultan Agung. Kita lihat dulu, kalau memang terjadi komplik kendaraan kita mundurin ke belakang Pos Polisi," jelasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: