Tim JIRCAS Jepang, BRIN, dan UGM Teliti Genetik Sengon Terbaik di ITERA

Tim JIRCAS Jepang, BRIN, dan UGM Teliti Genetik Sengon Terbaik di ITERA

-Foto Dok. Radarlampung.co.id-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Tim peneliti dari Japan International Research Center for Agricultural Sciences (JIRCAS), Jepang, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), serta Universitas Gadjah Mada (UGM) melakukan penelitian terhadap sampel genetik tanaman sengon yang tumbuh subur di ITERA.

Penelitian tersebut dilakukan di Kebun Benih Semai (KBS) Sengon ITERA hasil kerja sama dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Way Seputih – Way Sekampung KLHK. 

Tanaman sengon sekitar 50 batang, yang ditanam tahun 2021 di ITERA itu menjadi salah satu varietas sengon terbaik di Indonesia, selain yang ada di tiga Kebun Benih Semai Sengon lain di Indonesia, yakni di Kediri Jawa Timur, Bangka Belitung, dan Banjarbaru Kalsel. 

Tim peneliti dari JIRCAS, Jepang Naoki Tani, bersama peneliti UGM, Sawitri, S.Hut., M.Sc., serta para perwakilan BRIN, BPDAS, dan PT. Sumitomo Forestry, diterima langsung oleh Rektor ITERA Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr.-Eng. Khairurrijal, M.Si., serta jajaran pimpinan dan dosen, di Gedung A ITERA, Senin, 20 Februari 2023.

BACA JUGA:Tingkatkan Poduktifitas UMKM, Kecamatan Metro Timur akan Fasilitasi Perizinan

Dalam pertemuan itu dibahas seputar rencana pengambilan sampel ganetik pohon sengon yang tumbuh subur di ITERA sebagai bahan penelitian yang akan dibawa ke Jepang.

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan, kerja sama ITERA dengan beberapa pihak terkait budidaya pohon sengon yang di lahan ITERA bertujuan guna reboisasi dan penghijauan guna meningkatkan kesuburan tanah.

Dalam sambutannya, Rektor ITERA Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha menyambut baik kunjungan tim peneliti untuk pengambilan sampel pohon sengon tersebut.

Rektor pun menyampaikan apresiasi karena telah mempercayai ITERA sebagai tempat penanaman pohon sengon bibit unggul tersebut. 

BACA JUGA:Usai Transaksi, Seorang Pengguna Sabu Ditangkap Polisi

Peneliti JIRCAS Jepang Naoki Tani menjelaskan pertemuan tersebut sangat berkesan, untuk secara langsung melihat dan mengambil sampel pohon sengon terbaik di Indonesia yang ada di ITERA.

Naoki berharap kerja sama tersebut dapat menjadi peluang yang besar untuk ITERA dan JIRCAS dalam riset-riset lainnya. 

Sementara, Liliana Baskorowati dari BRIN menambahkan, pohon sengon yang tumbuh subur di ITERA merupakan hasil dari seleksi bibit-bibit terbaik yang dilakukan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan, yang kemudian di tanam di ITERA bersama BPDAS. 

 “Pohon sengon tersebut dipilih dari banyak bibit yang ditanam kemudian kita cari yang terbaik dan kita tanam di ITERA ini,” tutur Liliana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: