Waspada, Obesitas Bisa Sebabkan Risiko Terkena Penyakit Menular

Waspada, Obesitas Bisa Sebabkan Risiko Terkena Penyakit Menular

Ilustrasi Obesitas. Foto/Pixabay--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Salah satu permasalahan yang sering kali muncul di dunia kesehatan adalah obesitas.

Dampak dari penyakit obesitas bahkan sudah menjadi masalah global yang mengancam kesehatan pada 2 milyar penduduk di dunia, termasuk di dalamnya Indonesia.

Merangkum dari laman alodokter.com, obesitas merupakan kondisi menumpuknya lemak di dalam tubuh yang bisa menyebabkan kalori yang masuk lebih banyak dibandingkan dengan yang dibakar.

Tak hanya sekedar kelebihan berat badan, obesitas juga ditandai dengan nilai indeks massa tbuh (IMT) 30 atau lebih.

BACA JUGA:Simak, Ternyata Cara Mudah Mengatasi Burnout

Gejala umum orang yang mengalami obesitas adalah mudah berkeringat, terlihat penumpukan lemak di beberapa area tubuh, mudah lelah hingga merasakan nyeri sendi.

Penyebab paling umum seseorang bisa mengalami obesitas adalah konsumsi makanan cepat saji atau minuman yang mengandung gula tambahan dalam jangka waktu yang panjang.

Jika seseorang mengkonsumsi makanan cepat saji atau minuman yang mengandung banyak gula, maka hal itu bisa menjadi faktor penyebab mengalami obesitas.

Mengkonsumsi makanan secara berlebihan yang tidak diimbangi dengan berolahraga secara rutin pun bisa menjadi pemicu obesitas.

BACA JUGA:Waspada, Burnout Bisa Rugikan Tubuh Secara Kronis

Dalam kurun waktu 10 tahun, obesitas di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Obesitas di Indonesia mengalami peningkatan dari 10,5% di tahun 2017 menjadi Rp21,8% di tahun 2018.

Dilansir Radarlampung.co.id dari akun Instagram @kemenkes_ri pada Rabu, 8 Maret 2023. Obesitas digolongkan sebagai penyakir yang perlu diintervensi.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) menyebut bahwa obesitas bisa menjadi salah satu faktor risiko terjadinya penyakit menular.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: