Segera Cek, 10.831 KPM Bansos PKH di Pesbar Cair

Segera Cek, 10.831 KPM Bansos PKH di Pesbar Cair

Kategori Penerima Bantuan Sosial PKH Tahun 2023.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 10.831 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) akan mendapat dana bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2023.

 

Hal itu diketahui setelah ada pemberitahuan dari Pemerintah Pusat terkait jumlah KPM bansos PKH, salah satunya di Kabupaten Pesbar.

 

Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial, dr.Edwin Maas, mendampingi kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pesbar, Agus Triyadi, S.Ip, M.M., mengatakan, untuk jumlah KPM bansos PKH di Pesbar sudah disampaikan oleh Pusat ke daerah, dan di Kabupaten Pesbar jumlahnya mencapai 10.831 KPM, dengan total anggaran bansos PKH tahun 2023 sebesar Rp8.665.350.00,-.

 

“Untuk di Kabupaten Pesbar ini memang jumlah KPM-nya lebih sedikit disbanding Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Lampung ini,” katanya, Jumat 10 Maret 2023.

 

Dikatakannya, penyaluran dana bantuan PKH itu dilakukan empat tahap dalam satu tahun. Untuk itu, diharapkan KPM di Pesbar dapat bersabar terkait dengan penyaluran bansos PKH untuk tahap pertama, karena hingga kini masih menunggu jadwal dari pusat. Sebab, penyalurannya itu melalui rekening masing-masing KPM.

 

“Kita berharap masyarakat bisa bersabar, karena nanti dipastikan akan ada pemberitahuan mengenai penyaluran dana bansos PKH tersebut. Terlebih saat in juga masih dilakukan pengecekan data KPM kembali oleh pendamping PKH dilapangan,” jelasnya.

 

Sementara itu, terkait dengan jumlah besaran bantuan disetiap kategori seperti kategori ibu hamil dan anak usia 0-6 tahun itu masing-masing sebesar Rp3 juta pertahun. Kemudian, kategori pendidikan anak SD/sederajat sebesar Rp900 ribu pertahun. Anak SMP/sederajat sebesar Rp1,5 juta pertahun. Selanjutnya, kategori anak SMA/sederajat dengan besaran Rp2 juta pertahun.

“Selain itu, kategori penyandang disabilitas berat dan kategori lanjut usia masing-masing sebesar Rp2,4 juta pertahun. Untuk itu, kita berharap seluruh KPM yang akan menerima PKH itu benar-benar memanfaatkan dana bantuan dari Pemerintah itu dengan baik dan tepat sasaran,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: