Ingat! ASN Kemenkeu Harus Tau 5 Nilai-nilai Kementerian Keuangan

Ingat! ASN Kemenkeu Harus Tau 5 Nilai-nilai Kementerian Keuangan

Menjadi ASN yang tangguh dan kompeten berlandaskan nilai-nilai Kemenkeu--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Mungkin beberapa orang masih ada yang belum tau tentang apa itu nilai-nilai Kementrian? Namun, pastinya seluruh ASN Kementerian Keuangan mengetahui arti nilai-nilai Kementerian Keuangan.

Aparatur Sipil Negara atau sering disingkat ASN adalah sebuah profesi pegawai yang bekerja di instansi pemerintah. Pegawai yang dimaksud bisa jadi pegawai negeri atau pegawai pemerintah.

Misi ASN adalah menyelenggarakan ketertiban umum sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, memberikan pelayanan yang profesional dan bermutu kepada masyarakat, serta memperkokoh persatuan dan kesatuan negara Indonesia.

Seperti yang tertuang dalam UU Aparatur Sipil Negara No. 5 Tahun 2014, ASN harus menjunjung tinggi etika kerja dan menjunjung tinggi etika kerja dan mempertanggungjawabkan kinerja ASN kepada publik. 

BACA JUGA:5 Rekomendasi Smartphone Harga Rp 3 Jutaan di Tahun 2023, Yuk Simak

Untuk menjadi pegawai Kementerian Keuangan RI yang tangguh dan kompeten, diharapkan seluruh pegawai dapat mengimplementasikan nilai-nilai Kementerian Keuangan secara utuh.

Mengenai nilai-nilai Kementerian Keuangan yaitu integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan, dan kesempurnaan.

Dalam rangka implementasi nilai-nilai Kementerian Keuangan, seluruh pegawai dapat memperhatikan peraturan yang berlaku yaitu PMK nomor 190 Tahun 2018 tentang Kode Etik dan Kode Perilaku Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Keuangan dan KMK Nomor 312 Tahun 2011 tentang Nilai-Nilai Kementerian Keuangan.

Kedua peraturan tersebut mengatur tentang upaya penegakan nilai-nilai Kemenkeu. Ketika karyawan telah mencapai atau melakukan hal-hal yang disebutkan dalam aturan, lahirlah karyawan yang kuat dan kompeten. 

BACA JUGA:Sindikat Pencuri Kabel Listrik Diringkus, PLN Merugi hingga Miliaran

Nilai-nilai Kementerian Keuangan yang berhasil dirumuskan terdiri dari lima poin penting yang selalu menjadi landasan kerja para pegawai Kementerian Keuangan. Kelima nilai tersebut adalah:

1. Integritas

Dalam Integritas terkandung makna bahwa dalam berpikir, berkata, berperilaku, dan bertindak, Pimpinan dan seluruh Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Keuangan melakukannya dengan baik dan benar serta selalu memegang teguh kode etik dan prinsip-prinsip moral.

2. Profesionalisme

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: