Waspada, Hobi Kretek-Kretek Bisa Sebabkan Hal Ini...

Waspada, Hobi Kretek-Kretek Bisa Sebabkan Hal Ini...

Ilustrasi peregangan. Foto/Pixabay.com--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID – Setelah melakukan aktivitas yang padat dan melelahkan, kebanyakan orang akan merenggangkan punggung hingga berbunyi.

Peregangan ini umumnya dikenal dengan kretek-kretek oleh kebanyakan orang.

Hobi melakukan kretek-kretek ini biasanya dilakukan oleh mereka yang lelah setelah beraktivitas.

Orang yang biasa kretek-kretek alias meregangkan punggung maupun jari-jari tangan atau kaki melakukannya karena merasa lega setelahnya.

BACA JUGA: Jangan Dibuang! Tanaman Ini Bermanfaat untuk Kesehatan

Jika kita meninjau peregangan atau kretek-kretek dalam ilmu di bidang kesehatan. Maka kretek-kretek sebenarnya tidak baik untuk kesehatan tulang dan sendi.

Misalnya pada saat kita memutar sebagian tubuh bagian atas, dan terdengar bunyi tertentu. Maka bunyi tersebut terjadi akibat adanya perubahan tekanan udara di sendi tulang belakang.

Meski bunyi yang terdengar itu bersifat normal, namun jika sering dilakukan dan sampai menimbulkan nyeri. Maka kebiasaan kretek-kretek harus segera dihentikan.

Setiap orang memang memiliki kondisi kesehatan yang berbeda-beda.

BACA JUGA: Simak, Ini Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

Kendati demikian, jika kretek-kretek dilakukan oleh orang lanjut usia atyau yang memiliki predisposisi kerusakan sendi punggung.

Maka ketika punggung mereka dikretek-kretek, hal itu kemungkinan meningkatkan risiko terjadinya hal-hal berbahaya dan merugikan. 

Tak hanya itu, kretek-kretek juga bisa memicu gangguan pada pembuluh darah serta saraf yang ada dalam tubuh manusia.

Dilansir Radarlampung.co.id dari laman alodokter.com pada Senin, 20 Maret 2023. Kretek-kretek dapat menyebabkan dampak yang buruk untuk kesehatan tulang khususnya tulang rawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: