Pertahankan Kearifan Lokal, Pemkab Tanggamus Gelar Pangan Balak

Pertahankan Kearifan Lokal, Pemkab Tanggamus Gelar Pangan Balak

Acara Pangan Balak yang digelar dalam rangkaian HUT Ke-26 Kabupaten Tanggamus, Senin 20 Maret 2023. FOTO DISKOMINFO TANGGAMUS--

TANGGAMUS, RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Pariwisata Tanggamus menggelar acara Pangan Balak di GOR Ratu, Dusun Waysom, Pekon Kota Agung,  Kecamatan Kota Agung. Senin 20 Maret 2023. 

Kegiatan yang menjadi rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Ke-26 Kabupaten Tanggamus ini diikuti elemen masyarakat dari 20 kecamatan.

Bupati Dewi Handajani mengatakan, Pangan Balak atau Pangan Agung merupakan kegiatan yang sempat ditiadakan karena pandemi Covid-19.

”Syukur Alhamdulillah, pada hari ini kita bisa melaksanakannya dalam suasana gembira dan suka cita,” kata Dewi Handajani.  

BACA JUGA: WBP Rutan Krui Asal OKU Timur Meninggal, Ternyata Karena Ini…

Dilanjutkan, Pangan Balak merupakan salah satu dari beberapa rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT ke-26 Kabupaten Tanggamus.

Rangkaian kegiatan HUT ke-26 Tanggamus ini disambut antusias oleh masyarakat.

Mulai dari karnaval budaya, Seruling Emas, Pameran Pembangunan dan UMKM Tanggamus Expo dan kegiatan lain. 

”Tadi pagi, kita juga sudah melaksanakan rapat paripurna istimewa dalam rangka HUT Tanggamus ke-26. Dilanjutkan dengan acara Pangan Balak,” paparDewi Handajani. 

BACA JUGA: DPRD Gelar Paripurna Istimewa HUT Ke-26 Kabupaten Tanggamus

Diketahui Pangan Balak atau Mengan Balak adalah salah satu bentuk ragam budaya Lampung yang harus dilestarikan di Bumi Begawi Jejama.

Ini sesuai dengan yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 10 Tahun 2014 tentang Pedoman Pelestarian Tradisi.

Pangan Balak ini juga sebuah peristiwa budaya yang sangat unik. Lebih menekankan pada arti kebersamaan.

Hal tersebut juga selaras dengan slogan dan motto Kabupaten Tanggamus. Yaitu Begawi Jejama. Artinya bekerja bersama-sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: